Luar Biasa… Hotel Bayak BUMDes Cipayung Bergairah Lagi, Padahal Nyaris Bangkrut

Salah satu sudut keasrian dan kenyamanan Hotel Bayak yang ditawarkan bagi para pengunjung, yang ingin menikmati suasana alam Puncak.

BogorZone – Hotel Bayak yang dikelola Badan Usaha Milik Desa (BUMDes)  Cipayung, Kecamatan Megamendung, Kabupaten Bogor, kini mulai bergairah.

Padahal sebelumnya nyaris bangkrut. Bahkan karyawannya pun sempat diminimalisasi, dirumahkan. Kondisi mengkhawatirkan dan memprihatinkan itu terjadi lantaran efek pandemi Covid 19, yang berlangsung sekitar selama 2,5 tahun lebih.

Bacaan Lainnya

Hotel Bayak, yang berada di wilayah Desa Cilember, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bogor, yang dikelola BUMDes Cipayung tersebut, diresmikan Bupati Bogor, Ade Yasin, pada 2019 lalu.

Meski sempat berada di ujung tanduk saat pandemi, satu-satunya BUMDes yang bergerak di bidang perhotelan itu, kini nasibnya mulai bergerak melaju ke arah yang lebih baik, sejak Oktober 2022 lalu.

Lantaran masa pandemi mulai pudar. Sehingga bisnis perhotelan di kawasan Puncak pun mulai bergairah.

“Alhamdulillah sejak Oktober 2022 lalu, Hotel Bayak mulai bangkit, bergairah dan memberikan pemasukan lagi,” ungkap Kepala Desa Cipayung, Cacuh Budiawan, saat ditemui BogorZone di ruang kerjanya, Rabu, 4 Januari 2023.

Menurutnya, saat usai diresmikan, tidak lama kemudian wabah pandemi Covid 19 melanda Indonesia, maka nyaris semua lini termasuk bisnis perhotelan yang dilakukan BUMDes Cipayung terdampak.

Pos terkait