Pasca Libur Nataru, Jalur Cikopo Selatan Lumpuh

Antrian kendaraan di jalur alternatif Cikopo Selatan, Megamemdung yang terus mengalami kemacetan. (Foto : Dang/BogorZone)

BogorZone – Pasca libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2023, jalur alternatif Ciawi – Cisarua, Jalan Cikopo Selatan lumpuh total.

Kendati masa liburan Nataru 2023 telah berakhir, arus lalu lintas di wilayah Puncak, Megamendung dan Cisarua tetap dipadati berbagai kendaraan yang mengarah ke Puncak – Cianjur.

Bacaan Lainnya

Akibatnya di sejumlah ruas jalan menuju Puncak masih mengalami kemacetan. Termasuk di jalur alternatif yang menjadi sasaran para pengendara yang menghindar dari kemacetan di jalur utama, Jalan Raya Puncak.

Jalur alternatif yang paling tinggi mobilitas adalah jalur alternatif Cikopo Selatan, yang mulai masuk dari Seuseupan Ciawi atau Jalan Pertanian dan keluar di Cisarua.

Pantauan pasca libur Nataru 2023, kini jalur alternatif itu terus diwarnai kemacetan dengan antrian kendaraan hingga mencapai 2 kilometer.

Kemacetan atau penumpukan kendaraan tersebut didominasi kendaraan berpelat Jakarta atau “B” itu terjadi di wilayah Desa Sukagalih hingga di wilayah Desa Kuta, Kecamatan Megamendung.

Pasalnya, kondisi medan jalannya, selain kecil juga memiliki tanjakan dan turunan yang tajam, serta berkelok-kelok. Sehingga para pengendara melajukan kendaraanya dengan sangat perlahan dan sangat berhati-hati.

“Ngeri mas jalannya. Nanjak, turun yang tajam juga tikungannya tidak kalah tajam-tajam. Kami yang tidak biasa lewat sini harus hati hati,” ungkap Bayu, pengendara asal Jakarta.

Untuk mengatur lalu lintas supaya lancar, karena tidak ada petugas yang berwenang, maka sejumlah warga secara sukarela melakukan pengaturan lalu lintas.

“Di tanjakan Goleah ini sering ada kendaraan yang tidak kuat naik. Untuk menyelamatkan kendaraan yang tidak kuat naik atau mundur di tanjakan, kita suka memberikan bantuan dengan mendorong atau mengganjal roda belakangnya. Karena kalau itu dibiarkan khawatir terjadinya kecelakaan,” ujar Edi, warga Sukagalih.

Pos terkait