Rachmat Yasin Tinggalkan Penjara Sukamiskin, Ade Yasin Masih Ditahan

ry bebas 1
Rachmat Yasin sujud syukur saat bebas pertama kalinya dari lembaga pemasyarakatan Sukamiskin Bandung, Jawa Barat, Rabu, 8 Mei 2019. Usai menjalani hukuman kasus korupsi.

Suap tersebut terkait tukar guling (ruislag) kawasan hutan.

Sedangkan kasus kedua yang menjeratnya, ada dua kasus. Yakni kasus pertama, Rachmat Yasin diduga menyunat anggaran SKPD senilai Rp 8,9 miliar untuk keperluannya, termasuk kampanye pada Pilkada 2013 dan Pileg 2014.

Bacaan Lainnya

Kasus kedua, Bupati Bogor periode 2008-2014 itu diduga menerima gratifikasi berupa 20 hektare lahan, terkait pengurusan izin pesantren di kawasan Jonggol. Selain itu, gratifikasi satu unit mobil Toyota Vellfire senilai Rp 825 juta, yang diterima Rachmat Yasin, diduga dari seorang pengusaha yang juga rekanan proyek di Kabupaten Bogor.

Kini, saat Rachmat Yasin telah bebas bersyarat dari lapas Sukamiskin, BUpati Bogor non aktif, Ade Yasin masih menjalani penahan di Rumah Tahanan (Rutan) Perempuan Kelas II Bandung.

Sebab masih diproses hukum, lantaran kasus dugaan suap terhadap tim pemeriksa BPK Perwakilan Jawa Barat. Saat ini, perkaranya masih disidangkan di Pengadilan Tipikor, Bandung, Jawa Barat. ***

Pos terkait