Soal Kasus Ade Yasin, KPK Periksa 6 Pejabat Pemkab Bogor Hari ini

suap BPK
Ilustrasi: Aksi suap yang dilakukan penjahat berdasi. (Foto: KPK)

BogorZone.com – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) hari ini Jumat 13 Mei 2022, bakal memeriksa enam pejabat Pemerintahan Kabupaten Bogor, terkait kasus dugaan jual beli predikat wajar tanpa pengecualian (WTP), yang melibatkan Bupati Bogor, Ade Yasin Cs.

Pelaksana Tugas Juru Bicara (Plt. Jubir) KPK, Ali Fikri, dalam keterangan tertulisnya menyebutkan, hari ini (13/5) KPK akan melakukan pemeriksaan terhadap saksi Tindak Pidana Korupsi (TPK) suap pengurusan laporan keuangan Pemerintah Daerah Kabupaten Bogor Tahun Anggaran 2021, dengan tersangka Bupati Bogor non aktif, Ade Yasin Cs.

Bacaan Lainnya

“Hari ini KPK akan melakukan pemeriksaan saksi-saksi dari para pejabat di lingkungan Pemkab Bogor. Pemeriksaan akan dilakukan di Kantor Komisi Pemberantasan Korupsi,” ungkap Ali Fikri, kepada melalui WhatssApp BogorZone.com, Jumat 13 Mei 2022.

Lebih lanjut disebutkannya, ke enam pejabat Pemkab Bogor yang akan menjalani pemeriksaan kasus diciduknya Bupati Bogor, yang kedua kali setelah Bupati Bogor terdahulu, Rachmat Yasin, yang juga abang kandung dari Ade Yasin, antara lain:

  1. Andri Hadian, Sekretaris BPKAD Pemkab Bogor
  2. Hanny Lesmanawaty, Sub Koordinator Pelaporan Dinas BPKAD
  3. Ruli Fathurahman, Kasubbag Penatausahaan Keuangan Setda Kab. Bogor tahun 2019 s.d. sekarang
  4. Desirwan, PNS/ Kasie di Dinas Pedidikan Kab Bogor
  5. Teuku Mulya, Kepala BPKAD Kab. Bogor
  6. Ade Jaya, Inspektur / Mantan kepala BPKAD tahun 2019 s.d. 2021.

Pemeriksaan terhadap para saksi tersebut, untuk melengkapi keterangan informasi dalam berkas perkara dugaan penyuapan kepada pegawai Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Perwakilan Jawa Barat oleh Ade Yasin dan anak buahnya yang terjaring Operasi Tangkap Tangan (OTT), beberapa waktu lalu.

Sebelumnya, Plt Jubir KPK menegaskan, KPK bakal memanggil saksi-saksi dalam waktu dekat ini. KPK berharap agar para saksi kooperatif memenuhi panggilan pemeriksaan.

Pos terkait