Anggaran Gorden RJA DPR Rp 43,5 M, Warga Caringin Butuh TPS

kali cigintung caringin
Ilustrasi: Tumpukan sampah menggunung di tepi sungai. (Foto: Deddy Blue/BogorZone)

“Bagaimana sampah tidak menumpuk, setiap hari yang buang sampah banyak. Tetapi, tidak ada yang membersihkannya,” keluh Cecep, warga setempat.

Meski begitu, Cecep juga tidak menyalahkan warga sepenuhnya. Sebab, sampai saat ini, fasilitas TPS di wilayah setempat tidak ada. Sehingga, bila ingin membuang sampah, warga harus ke Pasar Caringin, yang jaraknya terbilang cukup jauh. Akibatnya, warga terpaksa membuang sampah di Kali Cigintung.

Bacaan Lainnya

“Ya harus ke pasar dan harus bayar. Sampai sekarang masih belum ada solusinya. Makanya, kami berharap pemerintah menyediakan fasilitas TPS bagi warga di sini,” tandasnya.

Bak Sampah Terpanjang

Sementara itu, Ketua Umum Lembaga Perlindungan Lingkungan Hidup Bogor (LPLHB), Samsudin sangat prihatin dan menyayangkan kondisi di Kali Cigintung yang seperti bak sampah terpanjang.

“Kami khawatir bila kondisi ini terus terjadi, selain bisa menjadi sumber penyakit mengganggu kesehatan warga, bisa juga menjadi bencana bagi warga sekitar. Karena bisa menyebabkan banjir atau tanah longsor,” imbuhnya.

Karena itu, bersama Ketua RT setempat, warga dihimbau agar tidak lagi membuang sampah di Kali Cigintung, termasuk memberikan edukasi tentang pelestarian lingkungan.

Pos terkait