Anggaran Gorden RJA DPR Rp 43,5 M, Warga Caringin Butuh TPS

kali cigintung caringin
Ilustrasi: Tumpukan sampah menggunung di tepi sungai. (Foto: Deddy Blue/BogorZone)

“Dengan demikian usia atau masa pemakaiannya sudah 12 tahun sehingga sudah banyak yang lapuk dan rusak. Sejak 2020 sudah banyak permintaan dari anggota dewan kepada Kesetjenan untuk mengganti gorden, vitrase dan blind di unit-unit RJA, yang kondisinya sudah tidak layak,” ungkapnya.

Karena Kesetjenan DPR sebelumnya tidak bisa memenuhi permintaan anggota wakil rakyat,  sebab belum adanya alokasi anggaran. Sehingga, pada Tahun Anggaran 2022 baru didapatkan alokasi anggaran untuk penggantian gorden, vitrase dan blind. Namun hanya bisa dialokasikan untuk 505 unit RJA Kalibata.

Bacaan Lainnya

Warga Caringin Minta TPS

Bercermin dari pengadaan gorden dengan anggaran spektakuler tersebut, warga Kampung Caringin Rt 001 Rw 001, Desa Caringin, Kecamatan Caringin, Kabupaten Bogor, Jawa Barat mendesak kepada pemerintah Kabupaten Bogor atau pemerintah pusat, untuk menyediakan fasilitas TPS, bagi warga setempat.

Pasalnya, selain kondisi Kali Cigintung semakin memprihatinkan, karena dipenuhi tumpukan sampah yang didominasi sampah plastik, aliran airnya pun kini berwarna hitam pekat dan menebarkan aroma busuk.

Bahkan tumpukan sampah yang terdapat di Kali Cigintung, saat ini tingginya nyaris sejajar dengan badan jalan. Karena, sampah atau limbah rumah tangga yang dibuang dimasukan ke dalam karung. Belum lagi sampah yang berasal dari bagian hulu Kali Cigintung.

Kondisi Kali Cigintung, yang bagaikan bak sampah atau TPS tersebut, memang tidak lepas dari kurang sadar dan pedulinya warga terhadap kelestarian, kebersihan, keindahan dan kenyamanan lingkungan setempat.

Pos terkait