Waspadai Gejalanya,15 Kasus Hepatitis Misterius di Indonesia, 5 Anak Meninggal

menkes budi
Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, saat Keterangan Pers Menteri Kabinet Indonesia Maju, di Kantor Presiden, Jakarta, Senin 9 Mei 2022. (Foto: Sekretariat Presiden)

BogorZone.com – Sebanyak 15 kasus penyakit hepatitis akut dilaporkan Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, saat Keterangan Pers Menteri Kabinet Indonesia Maju, di Kantor Presiden, Jakarta, Senin 9 Mei 2022.

Umumnya, penyakit baru yang tengah merebak saat ini menyerang anak-anak hingga usia 16 tahun. Sampai saat ini, dari 15 kasus tersebut tercatat ada lima kasus anak yang meninggal.

Bacaan Lainnya

“Sejak tanggal 27 April, kita sudah langsung mengeluarkan surat edaran agar semua rumah sakit dan dinas kesehatan melakukan surveilans dan monitoring terhadap kasus ini. Sampai sekarang kondisinya di Indonesia ada 15 kasus,” sebut Budi, yang disiarkan secara virtual melalui YouTube Sekretariat Presiden.

Lima Anak Meninggal

Kasus hepatitis akut yang juga dikenal sebagai penyakit hepatitis misterius tersebut, mulai dilaporkan Indonesia sejak awal Mei 2022.

Saat itu dilaporkan, dalam kurun waktu yang berbeda dengan rentang dua pekan terakhir hingga 30 April 2022 tiga pasien anak dibawah usia 11 tahun di DKI Jakarta meninggal dunia setelah dirawat di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) Jakarta, dengan dugaan terpapar penyakit hepatitis akut.

Pos terkait