Malam Lailatul Qadar 2022 Jatuh Pada Malam 29 Ramadhan 1443 H?

lailatul qadr
Ilustrasi: Setelah malam Lailatul Qadar, matahari akan terbit pada pagi harinya dalam keadaan jernih. (Foto: Deddy Blue/BogorZone)

BogorZone.com – Malam Lailatul Qadar adalah malam teristimewa bagi umat Islam. Sebab, pada malam yang disebut malam kemuliaan lebih baik dari 1.000 bulan itu, Allah Subhanahu Wa Ta’ala pertama kali menurunkan Al Quran sepenuhnya dari langit ke muka bumi, secara sekaligus.

Allah Subhanahu Wa Ta’ala berfirman:

Bacaan Lainnya

“Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (Al-Qur’an) pada malam kemuliaan. Dan tahukah kamu apakah malam kemuliaan itu? Malam kemuliaan itu lebih baik daripada seribu bulan. Pada malam itu turun malaikat-malaikat dan Malaikat Jibril dengan izin Tuhannya untuk mengatur segala urusan. Malam itu (penuh) kesejahteraan sampai terbit fajar”. (QS. Al Qadr: 1-5).

Malam Nuzulul Quran itu terjadi pada 17 Ramadhan, saat zaman Nabi Muhammad Shallallahu Alaihi Wa sallam. Sehingga, bagi umat Islam malam Nuzulul Quran selalu diperingati setiap 17 Ramadhan, setiap tahunnya.

Sedangkan malam Lailatul Qadar merupakan julukan untuk malam saat diturunkannya kitab suci yang mulia, rahmat dan para malaikat yang mulia, termasuk malaikat Jibril untuk mengatur segala urusan.

Karena itu antara malam Nuzulul Quran dan malam Lailatul Qadar ada perbedaan. Sebab, malam Nuzulul Quran terjadi pada 17 Ramadhan. Sedangkan malam Lailatul Qadar terjadi setiap tahun, di 10 malam terakhir di bulan Ramadhan.

Rasulullah Shallallahu Alaihi Wa sallam bersabda:

“Carilah lailatul qadar pada sepuluh malam terakhir dari bulan Ramadhan.” (HR Bukhari Nomor 2020 dan Muslim 1169)

Rasulullah Menganjurkan Umatnya

Pos terkait