Ancaman Bahaya Tidur Setelah Sahur

makan sahur
Ilustrasi: Suasana keluarga saat menikmati makan sahur. (Foto: TOVA VENO)

BogorZone.com – Tidur setelah sahur, menjadi kebiasaan sebagian orang saat menjalankan ibadah puasa Ramadhan. Padahal, ada beberapa bahaya yang mengancam bagi kesehatan.

Berikut sejumlah bahaya yang mengancam bagi kesehatan, bila kebiasaan tidur setelah sahur terus dilakukan:

Bacaan Lainnya
  1. Serangan jantung

Tidur setelah sahur dapat meningkatkan tekanan darah dan kadar kolesterol, yang dapat memicu terjadinya serangan jantung dan risiko penyakit jantung.

  1. Sembelit

Tidur setelah makan sahur dapat menyebabkan sembelit, sebab proses pencernaan tidak berlangsung baik. Sehingga memungkinkan anda kehilangan nutrisi.

  1. Refluks

Komplikasi Gastroesophageal Reflux Disease (GERD), penyakit kronis pada sistem pencernaan atau refluks asam lambung bisa meningkat, karena kebiasaan langsung berbaring setelah makan.

  1. Sakit Tenggorokan

Sakit tenggorokan bisa terjadi, bila usai sahur langsung tidur. Bahkan sensasi panas tidak hanya dirasakan di dada saja, tetapi juga di daerah tenggorokan. Semua itu karena efek lanjutan refluks asam lambung atau GERD.

  1. Menambah Berat Badan

Bukannya semakin kurus saat puasa Ramadhan, justru sebaliknya, berat badan melonjak naik. Hal ini bisa terjadi akibat dampak dari kebiasaan tidur setelah makan sahur.

  1. Menurunkan Kualitas Tidur

Kualitas tidur dapat menurun akibat dari timbulnya rasa gelisah. Hal itu biasa terjadi bila setelah sahur kembali langsung tidur.

Pos terkait