UI Siapkan 17.723 Kursi Bagi Mahasiswa Baru 2022

Kampus Universitas Indonesia
Icon Kampus Universitas Indonesia, Depok. (Foto: Deddy Blue)

BogorZone.com – Universitas Indonesia (UI) telah menyiapkan sebanyak 17.723 kursi bagi mahasiswa baru 2022. Jumlah itu dialokasikan untuk jumlah mahasiswa baru dari jenjang Diploma 3 (D3), Sarjana Terapan (D4), Strata 1 (S1), Strata 2 (S2), Profesi, Spesialis, dan Doktor.

Penerimaan mahasiswa baru jenjang S1 UI dibuka melalui tiga jalur, yaitu Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) dengan kuota 20 persen, Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) dengan kuota 30 persen, dan Seleksi Masuk (SIMAK) UI, yaitu ujian seleksi terpadu masuk UI yang diselenggarakan mandiri oleh UI dengan kuota 50 persen.

Untuk penerimaan S1 Paralel melalui PPKB UI kuotanya adalah 50 persen dan SIMAK UI kuota 50 persen, untuk S1 Kelas Internasional adalah 40 persen (melalui Talent Scouting) dan lewat SIMAK Kelas Khusus Internasional (KKI) UI sebesar 60 persen.

Sedangkan bagi calon mahasiswa baru UI yang ingin mendaftar ke jenjang D3 dan D4, terdapat dua jalur penerimaan.  Yaitu melalui seleksi jalur Prestasi dan Pemerataan Kesempatan Belajar (PPKB) dengan kuota 70 persen dan SIMAK UI 30 persen.

Pos terkait