KA Sukabumi-Bogor Kembali Operasi 28 Maret 2022

double track PALEDANG
DOUBLE TRACK - Kondisi lintasan double track atau jalur ganda Kereta Api (KA) Bogor-Sukabumi di sekitar Stasiun Paledang, Kota Bogor, menjelang uji coba rangkaian pada 20 Maret 2022. Selanjutnya, KA Pangrango lintasan Bogor-Sukabumi mulai dioperasikan pada 28 Maret 2022. (Foto: Deddy Blue)

BogorZone.com –  Pengerjaan proyek double track atau jalur ganda kereta api Bogor-Sukabumi sudah rampung. Karena itu, jalur kereta api Sukabumi-Bogor ditargetkan Direktorat Jenderal Perkeretaapian (DJKA) Kementerian Perhubungan, mulai dioperasikan pada 28 Maret 2022 mendatang.

Sebelumnya, selain karena proses pengerjaan pembangunan dan penyelesaian proyek double track Bogor-Sukabumi, jalur kereta api Sukabumi-Bogor dihentikan operasinya, begitu pun di masa pandemi.

Bacaan Lainnya

Padahal dari catatan PT KAI disebutkan, volume penumpang pada tahun 2019 sebanyak 1.391.670 penumpang dan tahun 2020 bulan Januari-Maret mencapai 282.188 penumpang.

Terkait target jalur kereta api Sukabumi-Bogor mulai dioperasikan pada 28 Maret 2022 mendatang, Kepala Balai Teknik Perkeretaapian (BTP) wilayah Jawa bagian Barat, Erni Basri mengatakan, secara teknis pengerjaan double track udah rampung 100 persen. Hanya saja, masih ada beberapa prosedur yang harus dilakukan sebelum digunakan oleh masyarakat umum.

“Secara teknis pengerjaan sebetulnya sudah 100 persen, namun karena ada prosedur dan pemantapan keselamatan, kita masih lakukan pengecekan maksimal,” kata Erni.

Pos terkait