Connect with us

KOTA BOGOR

Ini Peluang yang Didapat, Bima Arya Jadi Pembicara Di Forum IMF-World Bank

Published

on

Wali Kota Bogor Bima Arya menjadi pembicara di salah satu sesi dalam forum pertemuan tahunan yang digagas International Monetary Fund (IMF) dan World Bank di Westin Hotel Nusa Dua, Bali, Sabtu (13/10/2018).

Bogorzone.com, Bali – Wali Kota Bogor Bima Arya menjadi pembicara di salah satu sesi dalam forum pertemuan tahunan yang digagas International Monetary Fund (IMF) dan World Bank di Westin Hotel Nusa Dua, Bali, Sabtu (13/10/2018). Selain memaparkan mengenai konsep Kota Bogor, Bima Arya juga membuka peluang bagi pihak swasta untuk ikut ambil bagian dalam pembangunan di kota hujan.

Dalam forum internasional yang diikuti oleh delegasi dari berbagai negara itu, Bima Arya berbicara dalam sesi bertajuk ‘Inclusive Urbanization Amid Global Change’. Selain Bima, tampak pembicara lain dalam forum tersebut Vice President and Chief Operating Officer International Finance Corporation Stephanie von Friedeburg, Managing Director Grab Indonesia Ridzki Kramadibrata dan McKinsey Global Institute Director Jonathan Woetzel.

Menurut Bima, Kota Bogor saat ini tengah menghadapi dua tantangan arus simultan. Pertama, soal pertumbuhan penduduk dan kedua terkait Kota Bogor yang menjadi bagian dalam megapolitan Jabodetabek.

“Kota Bogor sebagai bagian dari megacity atau megapolitan Jakarta dan sekitarnya. Sekarang posisinya kedua di dunia setelah Tokyo dalam hal jumlah penduduk, yakni 32 juta jiwa. Belum lagi arus urbanisasi setiap tahun terus naik, komuter setiap hari 800 ribu orang per hari pulang pergi Jakarta Bogor. Dan jumlah pengunjung Bogor setiap weekend terus meningkat sekitar 300 ribu – 400 ribu orang,” ungkap Bima.

Karena itu, lanjut Bima tantangan bagi Pemkot Bogor dan wilayah megapolitan lainnya adalah bagaimana memastikan arus urbanisasi itu diiringi dengan peningkatan infrastruktur dan peningkatan layanan publik yang efektif dan efisien.

“Kata kuncinya adalah kolaborasi. Sejak 2014 Kota Bogor membuka diri untuk berkolaborasi baik di skala lokal, nasional, maupun internasional. Bermitra dengan sektor swasta, kampus untuk menyusun konsep dan bermitra juga dengan komunitas. Karena tantangan urbanisasi tidak hanya bisa dihadapi sendirian oleh Pemkot tetapi juga dengan pihak lain,” jelasnya.

Dengan ritme pemerintahan saat ini yang serba cepat, menurut Bima, penting untuk melibatkan pihak swasta dalam kontribusi pembangunan. Karena, lanjut dia, negara berkembang tengah menghadapi kebutuhan pembiayaan pembangunan infrastruktur untuk mendorong pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan.

“Seperti diketahui, kita tidak bisa terus mengandalkan APBD yang terbatas untuk mewujudkan akselerasi pembangunan. Peran serta pihak swasta untuk mendukung pembiayaan pembangunan infrastruktur menjadi salah satu kunci sukses. Seperti arahan Pak Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil agar daerah bisa mencari sumber pembiayaan lain, salah satu opsinya adalah lewat skema KPBU (Kerja Sama Pemerintah Badan Usaha). Tapi ini sedang dimatangkan format yang pas agar sesuai aturan,” beber Bima.

Momentum di kegiatan bersama IMF-World Bank itu dimanfaatkan Bima Arya untuk membuka jalan kerja sama dan menjaring minat pihak swasta agar tertarik ikut terlibat dalam pembangunan daerah.

“Paling tidak dalam pertemuan tadi, bahwa Kota Bogor ini sudah masuk radar dari world bank dan IMF untuk menjadi salah satu wilayah yang menjadi perhatian. Saya bertemu dengan banyak pembuat kebijakan, saya bertemu dengan banyak investor, dan akan diatur waktu beberapa investor terkemuka dunia untuk berkunjung ke Kota Bogor juga. Segera dalam waktu dekat. Saya juga bertemu dengan Managing Director Grab Indonesia Ridzki Kramadibrata yang bilang Kota Bogor sebagai posisi strategis untuk menyambungkan layanan transportasi di wilayah Jabodetabek,” pungkasnya. (cep)


Media Zone menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus), dan pengiriman Press Release, melalui email : redaksizone@gmail.com, dan redaksi@zone.co.id, atau via wa/SMS : 0878-15557788.

KOTA BOGOR

Bima Arya Hadiri Milad BBRP ke-7

Published

on

Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto menghadiri Milangkala atau Milad Barisan Benteng Bogor Raya Pajajaran (BBRP) ke-7 di Komplek GOR Pajajaran, Minggu (28/10/2018).

Bogorzone.com, Bogor – Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto menghadiri Milangkala atau Milad Barisan Benteng Bogor Raya Pajajaran (BBRP) ke-7 di Komplek GOR Pajajaran, Minggu (28/10/2018). Dalam acara yang bertema “Gelora Sumpah Pemuda” yang dihadiri sekitar 20 ribu orang ini, Bima berterimakasih kepada BBRP yang telah ikut bekerjasama menciptakan Bogor yang guyub, sejuk, dan kondusif.

“Kepada pimpinan dan seluruh simpatisan kami mengucapkan selamat. Semoga BBRP semakin jaya, semakin guyub, eksis, mewarnai Bogor dan yang paling penting semakin sejahtera,” kata Bima.

Bima juga mengucapkan terima kasih karena selama ini BBRP bersama Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor merapatkan barisan, bahu membahu dan bersanding menjaga Kota Bogor tetap aman dan kondusif. “Meskipun ada Pilkada, Pileg dan Pilpres, selama BBRP guyub selama itulah Bogor tetap bersatu,” tegasnya.

Bima mengajak semua pengurus dan anggota BBRP untuk bergandeng tangan dengan Pemkot Bogor agar Bogor tetap guyub. “Apapun pilihannya, bagaimanapun dinamikanya, kalau kita semua tetap menjalin silaturahmi tidak ada yang tidak bisa di kota tercinta ini,” katanya.

Ke depan, kata Bima, perjalanan masih panjang. Masih banyak pekerjaan rumah yang harus diselesaikan. Warga Kota Bogor harus menjadi tuan rumah di kotanya sendiri. Jangan sampai yang sejahtera, maju dan yang menikmati bukan tuan rumah. “Mari kita jemput peluang dan harapan di Kota Bogor,” ajak Bima.

Pada akhir sambutannya Bima juga tidak lupa meminta saran, masukan dan nasehat serta kritik dalam menjalankan roda pemerintahan ke depan.

Muhammad Hafizh Siregar atau biasa disapa Ki Wulung Tunggal selaku panitia penyelenggara, menambahkan, dengan tema Gelora Sumpah Pemuda Balad Pajajaran ini bisa menebarkan energi positif. “Intinya lebih baik ke depannya, ini merupakan puncak acara perayaan milangkala BBRP ke-7 sekitar 20 ribu balad ikut memeriahkan acara ini mulai dari Sukabumi, Kabupaten/Kota Bogor,” pungkasnya. (dns)


Media Zone menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus), dan pengiriman Press Release, melalui email : redaksizone@gmail.com, dan redaksi@zone.co.id, atau via wa/SMS : 0878-15557788.

Continue Reading

KOTA BOGOR

Wali Kota Bogor Uji Kinerja Kasatpol PP soal Adamar

Published

on

Wali Kota Bogor Bima Arya menguji kinerja Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Bogor dalam menangani persoalan restoran Adamar Asian Bistro.

Bogorzone.com, Bogor – Wali Kota Bogor Bima Arya menguji kinerja Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Bogor dalam menangani persoalan restoran Adamar Asian Bistro yang diubah menjadi Tempat Hiburan Malam (THM) saat malam hari. Bima Arya juga sudah menerima surat aduan warga perihal Adamar yang menganggu ketertiban umum.

“Saya sudah terima banyak keluhan perihal Adamar, sudah diperintahkan Satpol PP Kota Bogor turun ke Adamar Asian Bistro. Nanti saya juga akan turun ke situ, kalau ada pelanggaran pasti kami akan berikan peringatan keras,” kata Bima kepada wartawan di gedung Balai Kota Bogor.

Bima menegaskan, walaupun Adamar sudah memiliki izin, tetapi izin bisa dibatalkan jika terjadi pelanggaran dalam pelaksanaannya dilapangan.

“Izin itu bisa dibatalkan dan dicabut kalau melanggar Peraturan Daerah (Perda) Kota Bogor. Apalagi kalau melanggar ketertiban umum, ada minuman keras (miras) dan disk jockey (DJ) akan kami tertibkan,” tegasnya.

Bima mengaku, kalau Satpol PP Kota Bogor bisa terjun dan menindaknya dengan tegas, dirinya tidak perlu menggeruduk Adamar untuk langsung menindak tegas. Dalam hal membantu Satpol PP Camat Bogor Timur dan lurah setempat diperintahkan menangani persoalan ini.

“Tidak harus selalu saya turun, kalau bisa diselesaikan cukup camat dan lurah lah. Perihal surat aduan sudah diterima oleh saya, makanya saya perintahkan,” pungkas Bima. (dns)


Media Zone menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus), dan pengiriman Press Release, melalui email : redaksizone@gmail.com, dan redaksi@zone.co.id, atau via wa/SMS : 0878-15557788.

Continue Reading

KOTA BOGOR

Jogging Track Sempur Rampung, Resmi Dibuka untuk Umum

Published

on

Jogging Track Sempur Resmi Dibuka untuk Umum.

Bogorzone.com, Bogor – Pembangunan Jogging Track di kawasan Sempur, Kota Bogor, telah rampung. Pada Sabtu (27/10/2018) resmi dibuka untuk umum oleh Wali Kota Bogor Bima Arya. Fasilitas umum ini merupakan persembahan Pemkot Bogor agar warga lebih rajin berolahraga dan semakin mesra dengan keluarga.

“Saya titip agar dirawat baik-baik. Jangan buang sampah sembarangan, semuanya harus tertib dan beretika agar maslahat untuk semua. Jogging track ini kita rawat sama-sama,” kata Bima.

Lapangan Sempur khususnya jogging track, katanya, tidak hanya digunakan untuk berlari. Tapi boleh untuk yang lain, misalnya hanya sekadar berjalan. Tapi tetap prioritas untuk yang pelari.

“jogging track ini untuk lari, untuk olahraga. Insya Allah semua fasilitasnya kami rawat dan akan ditambah. Kita doakan semoga Kota Bogor akan memiliki tempat olahraga di setiap kecamatan nantinya,” ucapnya.

Peresmian jogging track yang diisi dengan kegiatan senam bersama dan lari bersama Wali Kota Bogor ini juga dihadiri, para unsur pimpinan Muspida, Camat, Lurah dan Kompetisi King of Sempur. (dns)


Media Zone menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus), dan pengiriman Press Release, melalui email : redaksizone@gmail.com, dan redaksi@zone.co.id, atau via wa/SMS : 0878-15557788.

Continue Reading
October 2018
M T W T F S S
« Sep   Nov »
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
293031  

Trending