Connect with us

KABUPATEN BOGOR

Pasutri Miskin dan 12 Anaknya Tinggal di Gubug Bambu

Published

on

ntong Sogiri dan Ewon saksi hidupnya. Pasangan suami istri (pasutri) miskin ini terpaksa harus hidup berhimpitan di satu gubug bambu beserta 12 anak-anak dan menantunya.

Bogorzone.com, Bogor – Gaung Kabupaten Bogor yang ingin menjadi kabupaten termaju di Indonesia nampaknya hanyalah isapan jempol belaka. Faktanya, potret kesenjangan sosial dan kemiskinan masih mendera masyarakat di kabupaten yang notabene memiliki APBD Rp6 triliun ini.

Adalah Entong Sogiri dan Ewon saksi hidupnya. Pasangan suami istri (pasutri) miskin ini terpaksa harus hidup berhimpitan di satu gubug bambu beserta 12 anak-anak dan menantunya. Mereka tinggal di Kampung Coblong RT 01 RW 01 Desa Sukakarya, Kecamatan Megamendung. Kondisi keluarga ini sungguh mengenaskan.

Keluarga Entong hidup dalam garis kemiskinan di gubug reyot kurang lebih 7 tahun. Sementara Entong hanyalah seorang pengangguran dengan kondisi fisik yang sakit-sakitan.

“Dulu pernah bekerja sebagai buruh bangunan lepas. Sekarang saya tidak bisa bekerja lagi sejak saya sakit ginjal dan sempat dirawat di salah satu rumah sakit di Jakarta. Sejak itu, sudah 14 tahun saya sudah tak bisa kerja lagi,” ujarnya.

Guna tetap bisa bertahan hidup dan menafkahi keluarganya dan anak-anaknya yang masih kecil, Ewon istri Entong, terpaksa setiap hari berusaha keliling kampung berjualan kue. Keuntungan yang didapat tetap tidak bisa mencukupi kebutuhan keluarga sehingga anak-anak mereka putus sekolah. “Satu pun tak ada yang tamat SD,” ucapnya.

Dari 12 anggota keluarganya, kini tinggal di gubug kumuh hanya 8 orang. Empat orang lagi, yakni anak dan menantunya serta dua anaknya memisahkan diri dengan cara mengontrak rumah.

Terpisah, Kepala Desa Sukakarya, Siti Asliah, mengaku sangat kenal betul dengan ibu Ewon. Bahkan sebelum menjabat sebagai Kades pun Ewon ini sering ke rumahnya.

“Dulu ibu Ewon ini memiliki rumah bahkan rumahnya itu sempat diajukan untuk mendapatkan program bantuan Rutilahu (rumah tidak kayak huni). Akan tetapi rumah tersebut telah dijual, mungkin karena faktor kebutuhan keluarga,” ungkap Siti Asliah.

“Selaku Pemerintah Desa kami tidak menutup mata akan persoalan ini. Semua program dari bantuan apapun dari pemerintah ibu Ewon ini mendapatkannya. Persoalan ini harus dirunut dari A sampai Z dulu untuk dipahami,” pungkasnya. (wan)


Media Zone menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus), dan pengiriman Press Release, melalui email : redaksizone@gmail.com, dan redaksi@zone.co.id, atau via wa/SMS : 0878-15557788.

Continue Reading

KABUPATEN BOGOR

Eka Gumilar : No 9 Nomor Urut Paling Bawah, Insyaallah Berkah

Published

on

Caleg dari partai Gerindra untuk Dapil Kabupaten Bogor, Eka Gumilar.

Bogorzone.com, Bogor – Sejumlah dukungan datang kepada Eka Gumilar yang memutuskan ikut maju sebagai caleg dari partai Gerindra untuk Dapil Kabupaten Bogor. Dukungan tersebut datang dari berbagai ormas seperti Geprindo, Barisan Putra-Putri Indonesia, bahkan dari Putri Proklamator Rachmawati Soekarnoputri ikut menyatakan dukungannya.

Namun terkait nomor urut di kertas suara, justru Eka sangat mensyukuri harapannya mendapatkan nomor paling bawah, yakni nomor 9.

“Kebetulan saja, saya memfavoritkan angka 9, hp saya pun 9 semua, mengingatkan saya sama ibu yang mengandung saya 9 bulan. Karena doa dan support beliaulah saya bersedia maju”, ujar Eka

Di Dapil V Kabupaten Bogor memang diisi oleh 9 nama calon anggota legislatif DPR RI.

Selain itu, Eka mengingatkan bahwa perjuangan kita harus bisa berpihak kepada rakyat kecil dalam kemudahan mendapatkan 9 bahan pokok yang murah dan tidak boleh hanya dikuasai oleh raksasa ekonomi 9 naga.

“Rakyat sekarang cerdas, dengan pemilihan suara terbanyak, bukan lagi nomor urut yang menentukan, nomor atas belum tentu jadi, nomor paling bawah belum tentu kalah”, jelas Eka.

“Sesuai visi saya memajukan ekonomi rakyat bawah, saya bersyukur dapat nomor paling bawah, semoga berkah dan menyemangati saya untuk bisa menang! Jika Allah izinkan saya menang, insyallah ini akan mengingatkan saya tidak boleh sombong dan melupakan rakyat paling bawah”, tegas Eka

Eka adalah Putera Sunda asli yang juga menjadi warga Kabupaten Bogor. Dalam jargonnya “Nyunda Pisan, aya dulur masa pilih batur” Eka ingin menjadi perwakilan warga Bogor yang masih kental dengan budaya Sunda-nya.

Buat warga Kabuoaten Bogor yang belum mengenal sosok Eka Gumilar, bisa mengikuti akun twitternya @ekagumilars Instagram @ekagumilars dan akun facebook Eka Gumilar. (bny)


Media Zone menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus), dan pengiriman Press Release, melalui email : redaksizone@gmail.com, dan redaksi@zone.co.id, atau via wa/SMS : 0878-15557788.

Continue Reading

KABUPATEN BOGOR

Batalyon Infanteri (YONIF) 328/Dirgahayu Melaksanakan Latihan Pratugas Pamrahwan Papua di Sekitar Gunung Salak

Published

on

Yonif Para Raider 328/Dirgahayu melaksanakan latihan Pratugas di sekitar Gunung Salak, Bogor.

Bogorzone.com, Bogor – Dalam rangka persiapan tugas Pamrahwan Papua, Yonif Para Raider 328/Dirgahayu melaksanakan latihan Pratugas di sekitar Gunung Salak, Bogor. Kegiatan latihan tersebut bertujuan untuk melatih kemampuan personel yang akan berangkat Satgas Pamrahwan Papua untuk mendukung kesiapan dalam melaksanakan tugas.

Latihan yang dimulai dari tanggal 3 sampai dengan 14 September 2018 di lakukan di sekitar gunung Salak, yang di peranggapkan sama dengan kondisi wilayah Papua. Komandan Satuan Tugas (Dansatgas), Mayor Inf Erwin Iswari, S. Sos., M. Tr (Han) mengatakan bahwa latihan pratugas sangat penting dalam menunjang tugas di medan sebenarnya di Papua. “Latihan ini kita peranggapkan sebagai medan sebenarnya di papua, sehingga para prajurit dalam keadaan siap dan waspada dihadapkan dengan situasi yang terjadi disana” ujar nya.

Perwira Penerangan Satuan Tugas (Papen Satgas), Lettu Chk Ghesa Khiastra, S.S.T.Han., S.H., S.IP., M.H. mengatakan bahwa selama latihan Pratugas personel dilatihkan dengan keadaan-keadan yang sering terjadi di daerah Tugas. “selama latihan, personel di hadapkan dengan kondisi-kondisi serta kejadian yang sering terjadi di daerah Papua sehingga prajurit tahu tindakan apa yang seharusnya di lakukan.” Ujar nya.

Selain kegiatan latihan, juga di berikan materi Teritorial seperti penyuluhan Hukum, Pertanian, Perkebunan, Bela Negara, Dll kepada masyarakat dan anak-anak sekolah di sekitar daerah latihan. (zal)


Media Zone menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus), dan pengiriman Press Release, melalui email : redaksizone@gmail.com, dan redaksi@zone.co.id, atau via wa/SMS : 0878-15557788.

Continue Reading

KABUPATEN BOGOR

Rachmawati Soekarno Ajak Warga Bogor Mendukung Eka Gumilar Maju ke Senayan

Published

on

Rachmawati Soekarnoputeri mengajak warga Kabupaten Bogor untuk mendukung pencalonan Eka Gumilar menjadi calon anggota legislatif DPR RI 2019 - 2024.

Bogorzone.com, Bogor – Puteri proklamator Rachmawati Soekarnoputeri mengajak warga Kabupaten Bogor untuk mendukung pencalonan Eka Gumilar menjadi calon anggota legislatif DPR RI 2019 – 2024.

“Saya mengajak Warga Kabupaten Bogor ikut mendoakan dan mendukung pencalonan sdr. Eka Gumilar sebagai Caleg Partai Gerindra untuk DPR RIAamin”, tulis Mbak Rachma, begitu ia disapa, melalui akun twittenya @rsoekarnoputri, Selasa (04/09/2018).

Eka Gumilar yang merupakan putera asli Sunda mengagas jargon MERDEKA (Majukan Ekonomi Rakyat Dengan EKA). Di surat suara KPU, nama Eka Gumilar menempati posisi nomor 9 (sembilan) paling bawah.

Bagi warganet Kabupaten Bogor bisa mengikuti polling online untuk memilih calon wakil rakyat yang Anda jagokan di Pemilu 2019, ikuti tautan berikut: https://strawpoll.com/5kz2p566. (rin)


Media Zone menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus), dan pengiriman Press Release, melalui email : redaksizone@gmail.com, dan redaksi@zone.co.id, atau via wa/SMS : 0878-15557788.

Continue Reading
July 2018
M T W T F S S
« Jun   Aug »
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
3031  

Trending