Connect with us

NEWS

Berpotensi Melawan Hukum, Lelang Pengadaan di Sekretariat PB Porda Disoal

Published

on

Bogorzone.com, Cibinong – Kalangan masyarakat mengkritisi sekaligus mengecam rencana lelang pengadaan seragam bidang pertandingan Pekan Olahraga Daerah (Porda) sebanyak 30.000 pieces oleh Sekretariat PB Porda tanpa melalui Unit Layanan Pengadaan (ULP) Kabupaten Bogor selaku instansi pemerintah yang kompeten dalam penyelenggaraan lelang tender di lingkungan pemerintah.

Menurut Koalisi Masyarakat Bersih Pemantau Pemerintahan dan Pembangunan (KMBP3), lelang pengadaan oleh Sekretariat PB Porda tidak obyektif dan berpotensi melanggar aturan.

“Kenapa PB Porda tidak menyerahkan lelangnya kepada ULP yang kompeten dan sah berdasarkan Undang-Undang?” kata Koordinator KMBP3, Coky Pasaribu, kepada wartawan di Cibinong, Kamis (19/7/2018).

Dijelaskannya, sesuai Peraturan Presiden (Perpres) 54/2010, setiap pengadaan yang bersumber dari APBN dan APBD Provinsi serta Kabupaten/Kota, lelangnya harus melalui lembaga yang berhak dan sah, yaitu ULP.

“Termasuk proyek atau pengadaan dari dana hibah Porda yang bersumber dari APBD Kabupaten Bogor, wajib hukumnya dilelang secara profesional dan independen,” ujarnya.

Karena itu, KMBP3 mempertanyakan dasar hukum atau aturan yang menjadi landasan pihak PB Porda jika bersikeras melanjutkan lelang pengadaan seragam pertandingan melalui Sekretariat Porda.

“Nekat itu kalau mereka ngotot lelang tanpa melalui ULP. Ada apa? Kita akan tunggu action PB Porda mereka mau lelang sesuai aturan atau tetap nekat tabrak hukum,” tegas Coky.

Coky menambahkan, kalaupun pihak PB Porda memaksakan lelang sendiri, KBMP3 akan meminta dokumen sertifikasi pejabat dan staf panitia lelang Sekretariat Porda.

“Setiap pejabat dan staf panitia di Sekretariat harus punya sertifikat keahlian bidang Pengadaan Barang dan Jasa. Kalau tidak ada, itu jelas menabrak hukum,” jelasnya.

Dikatakannya lagi, kalaupun nanti pihak PB Porda merekrut staf PNS yang memiliki sertisifikasi lelang sehingga memenuhi syarat aturan, Coky mempertanyakan dimana atau kemana hasil lelang di Sekretariat.

“Syaratnya kan harus di portal atau situs yang diketahui umum dan terintegrasi dengan LPSE. Jadi soal rencana lelang PB Porda harus hati-hati, jangan gegabah,” imbuhnya.

Terkait hal itu, KBMP3 akan segera meminta penjelasan dari Bupati Bogor, DPRD dan pihak- pihak terkait tentang dasar hukum atau aturan perundang-undangan atas lelang pengadaan barang yang tersebut diatas.

“Kami akan terus melakukan tekanan kepada para pemangku kebijakan serta penyelenggara Porda agar bersikap transparan dan bertindak sesuai aturan main,” katanya.

Namun begitu, sebagai kontrol sosial KMBP3 tidak bisa melarang PB Porda untuk melakukan apapun. “Tapi KBMP3 akan menolak tegas jika PB Porda nekat menggelar lelang sendiri. Yang jelas lelang tanpa ULP itu tidak obyektif dan melawan peraturan. Silahkan PB Porda beralasan sesuai persepsi mereka, KBMP3 berpegang pada aturan,” pungkas Coky.

Sementara itu, Ketua Harian PB Porda Rustandi yang dikonfirmasi wartawan melalui telepon selulernya menyatakan bahwa sampai saat ini pihaknya belum melakukan lelang sejumlah pengadaan skala besar karena masih menunggu hasil kajian teknis Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah (LKPP).

“Belum lelang, masih menunggu LKPP mengkaji teknisnya,” ujar Rustandi dalam pesan singkatnya. (ris)


Media Zone menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus), dan pengiriman Press Release, melalui email : redaksizone@gmail.com, dan redaksi@zone.co.id, atau via wa/SMS : 0878-15557788.

Continue Reading

KABUPATEN BOGOR

Meriahkan HUT RI ke 73, UPT Pengairan Wilayah III Adakan Mancing Mania

Published

on

Bogorzone.com, Megamendung – Banyak cara yang dilakukan masyarakat maupun pegawai pemerintahan untuk memeriahkan dan sekaligus memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) RI ke 73. Seperti dilakukan para pegawai di Unit Pelaksana Teknis (UPT) Infrastruktur Pengairan Wilayah III yang memperingati hari kemerdekaan Bangsa Indonesia dengan cara mancing mania.

Kepala UPT Infrastruktur Pengairan Wilayah III, Eka Sukarna mengatakan, sebelum kegiatan mancing mania atau lomba mancing, pihaknya terlebih dulu melakukan tasyakuran dan memotong tumpeng bersama para pegawai.

“Ini memang sudah menjadi agenda rutin tahunan setiap kali memeriahkan HUT RI, kami mengadakan doa bersama dan dilanjutkan mancing mania,” ujarnya kepada wartawan saat kegiatan mancing di kolam ikan yang ada disekitar kantor UPT Infrastruktur Pengairan Wilayah III, di Desa Gadog, Kecamatan Megamendung, Kabupaten Bogor, Jum’at (17/8).

Menurutnya, untuk peserta mancing mania berjumlah 22 orang yang di ikuti semua pegawai UPT Infrastruktur Pengairan Wilayah III. Ikan yang ditabur di kolam seluas 4X10 meter, sebanyak 50 kilo ikan mas.

“Hadiahnya semua ikan yang ditabur di kolam, dibagi-bagi kepada para pegawai yang ikut kegiatan mancing,” papar Eka.

Selain memperingati HUT RI ke 73, lanjut Eka, kegiatan mancing mania ini sebagai wujud dari kebersamaan para pegawai maupun pimpinan.

“Kami berharap, melalui kegiatan sekarang menambah erat tali silaturahmi dan menjaga kebersamaan,” ungkapnya.

Pantauan di lokasi kolam ikan, para peserta sangat serius dan terlihat tegang saat mancing mania dimulai pada pukul 13.00 WIB.

“Saya sangat mengapresiasi terhadap pimpinan UPT Infrastruktur Pengairan Wilayah III, karena sangat respon dan mendukung kegiatan yang diinginkan para pegawainya,” tukas Dedi Junaedi, peserta mancing mania yang juga sebagai pengawas pengairan wilayah Ciawi. (ris)


Media Zone menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus), dan pengiriman Press Release, melalui email : redaksizone@gmail.com, dan redaksi@zone.co.id, atau via wa/SMS : 0878-15557788.

Continue Reading

KABUPATEN BOGOR

Ribuan Warga Pandansari Ikuti Jalan Sehat Bersama Balon Kades

Published

on

Ribuan warga Desa Pandansari, Kecamatan Ciawi, Kabupaten Bogor, ikuti jalan sehat yang diselenggarakan bakal calon (Balon) Kepala Desa (Kades) Pandansari, H. Nasrudin.

Bogorzone.com, Ciawi – Ribuan warga Desa Pandansari, Kecamatan Ciawi, Kabupaten Bogor, ikuti jalan sehat yang diselenggarakan bakal calon (Balon) Kepala Desa (Kades) Pandansari, H. Nasrudin. Bahkan pelepasan peserta jalan sehat, dilakukan oleh Wakil Bupati Bogor terpilih H. Iwan Setiawan dan dihadiri bakal calon legislatif (Caleg) dapil III Hj. Tuti Alawiah.

“Untuk menyongsong peringatan HUT RI ke 73, kami mengadakan jalan sehat mengelilingi Desa Pandansari sejauh kurang lebih 3 KM,” kata Nasrudin ketika ditemui disela-sela kegiatan di Kampung Cibalok, Desa Pandansari, Kecamatan Ciawi, Minggu (12/08/2018).

Dari catatan panitia penyelenggara, sebanyak 2135 masyarakat dari delapan RW di Desa Pandansari turut meramaikan acara tersebut.

Usai jalan sehat keliling desa, para peserta disuguhi hiburan musik dan pembagian puluhan door price seperti TV LED, Kulkas, Kompor Gas, Kipas Angin, Helm, Jam Dinding dan 8 Sepeda yang dibagikan kepada masing-masing RW.

Selain itu, lanjut Nasrudin, pihaknya juga melakukan kegiatan sosial bagi lingkungan setempat. “Setiap hari Minggu kami bersama warga secara gotong royong membersihkan saluran irigasi dan memberikan penerangan lampu jalan di terowongan. Hal itu kami lakukan agar warga tidak lagi takut akan begal,” ungkapnya.

Dengan memiliki 8700 pemilih, rencananya Desa Pandansari akan menggelar Pilkades pada 28 Oktober mendatang. Informasi yang diperoleh, terdapat 7 bakal calon Kades yang akan bertarung dalam kontestasi pesta demokrasi warga Desa Pandansari itu.

“Bersama Nasrudin, Desa Pandansari MANTAB (Maju, Aman, Nyaman, Tertib, Agamis, dan Berkah), cocok dengan kultur Pandansari,” tukasnya.

Dalam kesempatan tersebut, adik kandung Nasrudin, Hj. Tuti Alawiyah, yang rencananya akan mencalonkan diri sebagai anggota Legislatif Kabupaten Bogor, juga memohon do’a restu kepada ribuan warga Pandansari yang hadir. (ris)


Media Zone menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus), dan pengiriman Press Release, melalui email : redaksizone@gmail.com, dan redaksi@zone.co.id, atau via wa/SMS : 0878-15557788.

Continue Reading

KAMPUS

Dua Atlet Taekwondo Kota Bogor Raih Beasiswa Penuh dari Kampus BSI

Published

on

Bogorzone.com, Bogor – Kampus Bina Sarana Informatika (BSI) kembali membuktikan komitmennya memberikan penghargaan kepada para atlet berprestasi di seluruh Indonesia. Kali ini BSI memberikan beasiswa penuh hingga lulus kuliah kepada dua atlet Taekwondo berprestasi Kota Bogor.

Kedua atlet tersebut yakni Nurul Nadia dan Karsten Jesreel Aaron. Nurul merupakan lulusan SMAN 1 Leuwiliang Kabupaten Bogor dan Karsten lulusan SMAN 5 Kota Bogor. Baik Nurul maupun Karsten merupakan atlet taekwondo berprestasi bsik di Kejurda, Kejurnas, maupun di tingkat internasinal seperti kemarin ikut tampil di Korea.

Secara simbolis, beasiswa untuk kedua atlet tersebut diberikan oleh Wakil Direktur Bidang Kemahasiswaan BSI, Suharyanto, di Gedung KONI Kota Bogor, Kamis (9/8/2018). Acara ini juga dihadiri oleh Sekretaris Umum KONI Kota Bogor Bernhard Nicholas Lumowa, Ketua Pengcab Taekwondo Kota Bogor Hambali, Pengurus Pengcab Taekwondo Kota Bogor Dyan Yugo NP dari Komisi Perwasitan dan Deddy Iskandar Pelatih Poomsae Kota Bogor.

Suharyanto menjelaskan, pemberian beasiswa ini merupakan bentuk
konsistensi BSI Group dalam memberikan apresiasi kepada atlet
berprestasi. “Kami sudah lama konsisten memberikan kesempatan bagi atlet berprestasi untuk kuliah di BSI Group. Kami akan lakukan ini terus sebagai reward terhadap generasi muda,” jelas Surhayanto.

Suharyanto mengatakan, selain bagian dari program BSI hal ini juga melaksanakan amanah Kemenristekdikti untuk meningkatkan prestasi bidang nonakademik.

“Sebelumnya kami sudah lama bekerjasama dengan KONI Jawa Barat dan dengan KONI Kota Bogor baru kali ini. Kami berharap bisa memberikan kontribusi lebih banyak dan terus berlanjut. Jujur kami miris dengan masih banyaknya atlet berprestasi yang kurang perhatian padahal mereka sudah bawa brand ambassador negeri ini. Kami berharap atlet yang berprestasi bisa dapatkan ilmu akademik untuk bekal masa depan,” tandasnya.

Ketua Pengcab Taekwondo, Hambali, menyatakan sangat bersyukur dan berterimakasih atas kepedulian dan kontribusi Kampus BSI. “Selama ini masih banyak atlet yang terkendala bidang pendidikan. Jadi beasiswa dari BSI ini bisa menjadi motivasi bagi atlet untuk meraih prestasi tinggi. Kami berharap Taekwondo OK akademiknya juga OK,” ujarnya.

Selain itu, pihaknya juga berharap kerja sama ini terus berlanjut dengan kuota bertambah. “Mari kita saling sinergi dalam membangun generasi berprestasi. Apalagi cabang taekwondo dikejar prestasi tingkat internasional, bukan lagi lokal,” tukasnya.

Hal serupa dikemukakan Sekum KONI Kota Bogor, Bernhard Nicholas Lumowa. “Kami sangat berterimakasih sudah diberi kesempatan oleh BSI dan mudah-mudahan bisa dilakukan untuk semua cabang olahraga,” ucapnya. (cep)


Media Zone menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus), dan pengiriman Press Release, melalui email : redaksizone@gmail.com, dan redaksi@zone.co.id, atau via wa/SMS : 0878-15557788.

Continue Reading
July 2018
M T W T F S S
« Jun   Aug »
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
3031  

Trending