Connect with us

KABUPATEN BOGOR

Hore Tol Bocimi Sudah Bisa Dilalui

Published

on

Bogorzone.com,Ciawi – Kemacetan yang kerap terjadi di Jalan Raya Ciawi-Sukabumi menjelang hari raya lebaran, dipastikan tidak akan terjadi lagi. Sebab, Tol Bocimi (Bogor, Ciawi, Sukabumi) seksi 1 sepanjang 15,3 KM telah dibukan secara fungsional tanpa tarif pada Jumat (8/6/2018) kemarin siang, tepatnya sejak pukul 13.00 WIB hingga H+7 Hari Raya Idul Fitri 1439 hijriah.

Sebelumnya, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono pada Kamis (7/6/2018), meninjau kondisi Tol Bocimi Seksi I Ciawi-Cigombong.

“Tol Bocimi seksi I dari Ciawi ke Cigombong dengan panjang sekitar 15,3 km ini akan kita fungsikan mulai besok usai Shalat Jumat. Kondisi jalannya sudah mantap dan tengah penyelesaian pemasangan kelengkapan berupa rambu dan marka jalan. Saat ini progres Seksi I telah mencapai 89%,” kata Menteri Basuki.

Untuk mengoptimalkan arus lalu lintas, kendaraan yang diperbolehkan melintas, hanya kendaraan pribadi dengan kecepatan maksimal 40 km per jam. Selain itu juga dilakukan pengaturan dimana untuk tanggal 8-14 Juni 2018, tol fungsional diperuntukan bagi kendaraan dari arah Jakarta menuju Sukabumi.

“Sedangkan pada hari Idul Fitri, Jumat-Minggu (15-24 Juni 2018) hanya bisa dilewati kendaraan dari arah sebaliknya,” papar Basuki.

Dengan fungsionalnya ruas tol tersebut, akan signifikan mengurangi waktu tempuh Ciawi-Cigombong dari sekitar 1-2 jam menjadi sekitar 20 menit. Selama fungsional, telah disiapkan tiga pintu tol, yakni di pintu Tol Ciawi, kilometer 6+300 Cimande/Caringin, dan kilometer 15+300 Cijeruk/Cigombong.

“Antisipasi kemacetan dilakukan dimana Pintu Tol Caringin akan dibuka jika kepadatan panjang terjadi di pintu tol Cigombong,” ungkap Menteri PUPR tersebut.

Untuk memberikan kenyamanan, lanjut Basuki, pihak pengelola menyediakan tempat perhentian (rest area) sementara bagi pemudik, yakni di kilometer 10+700 yang dilengkapi parkir kendaraan, toilet, dan mushola.

Pembangunan Tol Bocimi dibagi menjadi empat seksi, antara lain Seksi I Ciawi-Cigombong 15,3 km, Seksi II Cigombong- Cibadak 11,9 km, Seksi III Cibadak-Sukabumi Barat 13,7 km, serta Seksi IV Sukabumi Barat-Sukabumi Timur 13 km.  

“Pembangunannya menggunakan dana investasi badan usaha jalan tol (BUJT)  PT Trans Jabar Toll dengan saham mayoritas dimiliki oleh PT Waskita Toll Road dengan nilai investasi sebesar Rp 15,95 triliun,” jelas Basuki.

Kehadiran Jalan Tol Bogor-Ciawi-Sukabumi (Bocimi) sepanjang 54 km ini, sambungnya, dapat menjadi jalan alternatif menuju Jawa Barat bagian Selatan, terutama bagi angkutan logistik yang selama ini harus berhadapan dengan kemacetan pada ruas jalan Ciawi-Cigombong-Cicurug-Cibadak.

Tol Bocimi juga akan memangkas jarak dan waktu tempuh Bogor-Sukabumi yang sekitar 67 km bila melalui jalan arteri, dari semula sekitar 5 jam menjadi sekitar 1-2 jam saja.

“Semakin lancarnya konektivitas diharapkan mendukung pertumbuhan ekonomi dan pengembangan wilayah Sukabumi serta mendukung kawasan wisata di selatan Jawa seperti Pelabuhan Ratu,” tukas Menteri Basuki. (ris)


Media Zone menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus), dan pengiriman Press Release, melalui email : redaksizone@gmail.com, dan redaksi@zone.co.id, atau via wa/SMS : 0878-15557788.

KABUPATEN BOGOR

Ribuan Warga Pandansari Ikuti Jalan Sehat Bersama Balon Kades

Published

on

Ribuan warga Desa Pandansari, Kecamatan Ciawi, Kabupaten Bogor, ikuti jalan sehat yang diselenggarakan bakal calon (Balon) Kepala Desa (Kades) Pandansari, H. Nasrudin.

Bogorzone.com, Ciawi – Ribuan warga Desa Pandansari, Kecamatan Ciawi, Kabupaten Bogor, ikuti jalan sehat yang diselenggarakan bakal calon (Balon) Kepala Desa (Kades) Pandansari, H. Nasrudin. Bahkan pelepasan peserta jalan sehat, dilakukan oleh Wakil Bupati Bogor terpilih H. Iwan Setiawan dan dihadiri bakal calon legislatif (Caleg) dapil III Hj. Tuti Alawiah.

“Untuk menyongsong peringatan HUT RI ke 73, kami mengadakan jalan sehat mengelilingi Desa Pandansari sejauh kurang lebih 3 KM,” kata Nasrudin ketika ditemui disela-sela kegiatan di Kampung Cibalok, Desa Pandansari, Kecamatan Ciawi, Minggu (12/08/2018).

Dari catatan panitia penyelenggara, sebanyak 2135 masyarakat dari delapan RW di Desa Pandansari turut meramaikan acara tersebut.

Usai jalan sehat keliling desa, para peserta disuguhi hiburan musik dan pembagian puluhan door price seperti TV LED, Kulkas, Kompor Gas, Kipas Angin, Helm, Jam Dinding dan 8 Sepeda yang dibagikan kepada masing-masing RW.

Selain itu, lanjut Nasrudin, pihaknya juga melakukan kegiatan sosial bagi lingkungan setempat. “Setiap hari Minggu kami bersama warga secara gotong royong membersihkan saluran irigasi dan memberikan penerangan lampu jalan di terowongan. Hal itu kami lakukan agar warga tidak lagi takut akan begal,” ungkapnya.

Dengan memiliki 8700 pemilih, rencananya Desa Pandansari akan menggelar Pilkades pada 28 Oktober mendatang. Informasi yang diperoleh, terdapat 7 bakal calon Kades yang akan bertarung dalam kontestasi pesta demokrasi warga Desa Pandansari itu.

“Bersama Nasrudin, Desa Pandansari MANTAB (Maju, Aman, Nyaman, Tertib, Agamis, dan Berkah), cocok dengan kultur Pandansari,” tukasnya.

Dalam kesempatan tersebut, adik kandung Nasrudin, Hj. Tuti Alawiyah, yang rencananya akan mencalonkan diri sebagai anggota Legislatif Kabupaten Bogor, juga memohon do’a restu kepada ribuan warga Pandansari yang hadir. (ris)


Media Zone menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus), dan pengiriman Press Release, melalui email : redaksizone@gmail.com, dan redaksi@zone.co.id, atau via wa/SMS : 0878-15557788.

Continue Reading

KABUPATEN BOGOR

Petugas UPT Pengairan Wilayah 3 Ciawi Benahi Saluran di Telukpinang

Published

on

Para petugas dari Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pengairan wilayah 3 Ciawi saat melakukan pembersihan saluran dari sampah, mengeruk atau menggali lumpur dan mengerjakan penembokan lantai saluran di Telukpinang.

Bogorzone.com, Ciawi – Keberadaan saluran daerah irigasi (DI) Telukpinang, di Desa Telukpinang, Kecamatan Ciawi, Kabupaten Bogor, terus dibenahi. Para petugas dari Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pengairan wilayah 3 Ciawi, melakukan pembersihan saluran dari sampah, mengeruk atau menggali lumpur dan mengerjakan penembokan lantai saluran di Telukpinang.

Petugas UPT Pengairan wilayah 3 Ciawi, Dedi Junaedi mengatakan, kondisi saluran di Telukpinang masih harus dilakukan perbaikan. Sehingga saat musim hujan tiba, air dari saluran irigasi tersebut tidak meluap ke ruas Jalan Alternatif Banjarwaru-Telukpinang.

“Saat musim hujan biasanya air dari saluran irigasi ini selalu tumpah ke jalan, karena banyak sampah yang menghalang laju air. Makanya sekarang saat cuaca panas dan belum masuk musim hujan, kami lakukan perbaikan,” ujarnya kepada Bogorzone.com saat berada di lokasi saluran di Telukpinang, Senin (23/7/2018) siang.

Petugas pangairan, lanjutnya, terlebih dulu membersihkan semua sampah yang ada disepanjang saluran irigasi. Setelah saluran bersih dari sampah, petugas melanjutkan dengan menggali lumpur yang sudah dangkal.

“Kalau sudah bersih dari sampah dan lumpurnya dikeruk, baru kami melakukan penembokan lantai saluran,” papar Dedi.

Perbaikan saluran di Telukpinang ini, kata Dedi, sebenarnya sudah diprogramkan dari tahun lalu. Namun, karena cuaca saat itu musim hujan, penembokan lantai saluran urung dikerjakan.

“Alhamdulillah sekarang panas, jadi kami langsung bisa mengerjakan penembokan. Kalaupun sore nanti hujan, kondisi lantai saluran yang diplester sudah kering,” jelasnya.

Ia berharap, warga tidak lagi membuang sampah ke sekitar saluran irigasi yang melintasi tiga desa di Kecamatan Ciawi, terutama sampah-sampah rumah tangga yang bisa mengakibatkan tersendatnya aliran air.

“Sekarang jalan sudah bagus. Jadi warga jangan lagi membuang sampah ke saluran irigasi ini, biar kondisi jalan tidak cepat rusak akibat luapan air,” tegas Dedi. (ris)


Media Zone menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus), dan pengiriman Press Release, melalui email : redaksizone@gmail.com, dan redaksi@zone.co.id, atau via wa/SMS : 0878-15557788.

Continue Reading

KABUPATEN BOGOR

Wabup Terpilih Iwan Setiawan Minta PWBS Mengawal Pembangunan

Published

on

PWBS melakukan silaturahmi ke Saung Bromelia, Desa Leuwimalang.

Bogorzone.com, Cisarua – Paguyuban Warga Bogor Selatan (PWBS), diminta Wakil Bupati Bogor terpilih, H. Iwan Setiawan untuk ikut mengawal pelaksanaan pembangunan dikepemimpinan nya nanti. Hal itu dikatakan wakil bupati yang berpasangan dengan Hj. Ade Yasin saat pemilihan kepala daerah (Pilkada) Bogor tersebut, saat PWBS melakukan silaturahmi ke Saung Bromelia, Desa Leuwimalang, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bogor, akhir pekan lalu.

H. Iwan Setiawan, saat berbincang-bincang dengan warga yang tergabung kedalam PWBS menegaskan, keberadaan PWBS tentunya dapat dijadikan mitra kerja dalam pelaksanaan pembangunan Kabupaten Bogor khususnya wilayah selatan lima tahun kedepan.

“PWBS juga nantinya tidak hanya ikut mengawal proses pembangunan saja, tetapi bisa memberikan masukan dan ajuan dalam perencanaan pembangunan,” ujarnya kepada Bogorzone.com

Ketua DPC Partai Gerindra Kabupaten Bogor itu pun mengungkapkan rasa terimakasihnya kepada PWBS. Dimana, saat pelaksanaan Pilkada Bogor lalu, PWBS ikut mendukung Paslon HADIST.

“Kedepan saya akan sediakan sekretariat PWBS agar nantinya bisa dijadikan tempat berkumpul warga selatan,” papar H. Iwan Setiawan.

Sementara, koordinator PWBS, Azet Basuni mengaku senang dengan pernyataan Wabup Bogor terpilih yang akan melibatkan PWBS dalam mengawal pelaksanaan pembangunan wilayah selatan.

“Kami siap membantu mengawal pembangunan di Kabupaten Bogor khususnya wilayah selatan,” tegasnya.

Azet pun menyatakan akan memasukkan Wabup Bogor terpilih menjadi penasehat didalam kepengurusan PWBS. Sehingga, setiap program-program pemerintah selama kepemimpinannya dapat terarah dan berjalan sesuai harapan warga.

“Tentunya kami sangat mendukung penuh setiap program pemerintah kedepan,” tukasnya. (ris)


Media Zone menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus), dan pengiriman Press Release, melalui email : redaksizone@gmail.com, dan redaksi@zone.co.id, atau via wa/SMS : 0878-15557788.

Continue Reading
June 2018
M T W T F S S
« May   Jul »
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
252627282930  

Trending