Connect with us

PILKADA

HJB ke-536, Bima-Dedie Ditantang Bocah-Bocah Katulampa Main Egrang dan Kelereng

Published

on

Bogorzone.com, Bogor – Saat melintas di Kampung Warna Warni, Katulampa, Bogor Timur, Minggu (3/6/2018), Bima Arya – Dedie Rachim tampak kagum dengan sejumlah anak-anak yang tampak ceria menikmati permainan tradisional.

Para bocah itu pun menantang Bima-Dedie untuk bermain bersama. Terlihat sejumlah permainan, antara lain loncat karet, engklek, egrang, kelereng, damdas dan bakiyak. Bima Arya sendiri tampak membawa sang buah hatinya, Kenatra Mahesa.

Bima-Dedie ditantang pertama kali oleh sekumpulan anak-anak perempuan untuk memainkan lompat karet. Keduanya pun menyanggupi itu, tak terkecuali Kenatra.

Lompatan pertama dilalui dengan lancar. Pada lompatan kedua, Dedie tampak menyerah dan memilih untuk memainkan permainan lain, yakni damdas bersama bocah lain. Sementara Bima dan Ken terlihat masih asyik menikmati lompat karet hingga rintangan setinggi kepala.

Permainan kedua, yang dicicipi Bima-Dedie adalah engklek atau banyak yang menyebut sondah.

Bocah-bocah sekitaran usia 6-12 tahun terlihat aktif melompat. Bima-Dedie juga tak mau kalah dengan mereka. Meski kelincahan anak-anak tersebut sulit diimbangi.

“Hari ini bertepatan dengan Hari Jadi Bogor (HJB) ke-536 dengan tema ‘Bogor Genah Tumaninah’. Tema tersebut diangkat karena kental dengan unsur keagamaan, ketenangan, kekompakan dan kebersamaan. Sesuai dengan tema itu, permainan tradisional sangat kental juga dengan unsur kekompakan serta kebersamaannya,” ungkap Bima Arya.

Bima menyatakan, sangat mengapresiasi keaktifan orangtua dan para pemuda di kampung Warna Warni Katulampa itu yang menghidupkan permainan tradisional di anak-anak zaman sekarang.

“Ruang-ruang bermain seperti ini harus ditambah terus di Kota Bogor. Selain mengajak anak-anak lebih mengenal permainan tradisional, kegiatan ini juga sekaligus mengajak anak-anak untuk aktif bermain di luar rumah bersama keluarga tanpa rasa khawatir,” ujarnya.

Kemajuan teknologi, kata dia, membuat banyak keluarga mengandalkan gadget, sebagian orang tua bahkan lebih menyukai anak-anaknya bermain di dalam rumah dari pada bermain di luar.

“Bermain permainan tradisional di luar ruangan banyak melibatkan aktivitas fisik yang mendorong stimulasi motorik dan psikologis anak yang akan membantu perkembangan anak,” katanya.

Sementara itu, Dedie menambahkan bahwa permainan tradisional sudah hampir terlupakan. “Dengan adanya ruang terbuka publik maka diharapkan bisa menjadi kesempatan untuk memperkenalkan dan mempopulerkan kembali permainan tradisional kepada anak-anak. Pesan kami untuk anak-anak, harus rajin belajar, rajin beribadah dan rajin berolahraga,” pungkasnya.

Tantangan terakhir dari para anak-anak pun ditutup dengan ngalun bersama di aliran irigasi dekat Bendung Katulampa. (cep)


Media Zone menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus), dan pengiriman Press Release, melalui email : redaksizone@gmail.com, dan redaksi@zone.co.id, atau via wa/SMS : 0878-15557788.

PILKADA

Empat Calon Bupati/Wakil Bupati Bogor Diverifikasi Ijazahnya

Published

on

Bogorzone.com, Bogor – Kabar hoax hingga aksi segelintir pihak yang menuding Ade Ruhandi-Jaro Ade berijazah palsu akhirnya terbantahkan. Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bogor menegaskan, bahwa pihaknya telah melakukan langkah verifikasi ijazah pendidikan terhadap semua pasangan calon (paslon) Bupati Bogor dan Wakil Bupati Bogor sejak proses pendaftaran paslon Januari 2018.

KPU Kabupaten Bogor juga menegaskan bahwa KPU melakukan klarifikasi dan verifikasi ijazah tersebut bukan hanya terhadap Jaro Ade. Akan tetapi terhadap empat calon baik Calon Bupati maupun Calon Wakil Bupati. 

Keempat calon tersebut yaitu, Ade Ruhandi-Jaro Ade, SE, sesuai KTP tapi dalam ijazahnya tertulis A. Ruhandi, kedua Ade Yasin di ijazahnya Ade Munawaroh, ketiga Ficky Rhoma di ijazahnya Ficky Zulkarnain, lalu keempat Ingrid Kansil. “Jadi bukan hanya Jaro Ade,” tegas Ketua Divisi Hukum KPU Kabupaten Bogor, Erik Fitriadi, Jumat (8/6/2018).

Erik mengatakan, verifikasi dan klarifikasi ini diambil lantaran terdapat ketidaksesuaian nama yang tertera di Kartu Tanda Penduduk (KTP) masing-masing calon dengan nama yang tertera di ijazah.

Erik menjelaskan, pada saat semua bakal calon mendaftarkan diri ke KPU maka KPU melakukan pengumuman dalam rangka membuka kesempatan kepada masyarakat untuk memberikan masukan terkait persyaratan administrasi pasangan calon.

Erik menegaskan, sebetulnya berdasarkan PKPU tidak ada kewajiban KPU untuk klarifikasi atau verifikasi ijazah paslon, kecuali ada tanggapan dari masyarakat. “Nah, waktu itu tidak ada tanggapan. Namun karena kami melihat ada perbedaan nama empat calon antara yang tertera di KTP dengan ijazahnya, maka kami melakukan klarifikasi dan verifikasi. Upaya klarifikasi dan verifikasi dilakukan KPU Kabupaten Bogor ke Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat di Bandung. Verifikasi dilakukan terhadap sekolah atau lembaga pendidikan yang bersangkutan, nomor register, maupun buku induk siswa. Kami punya bukti-buktinya,” bebernya.

Saat ditanya pasca aksi segelintir pihak ke KPU Pusat yang menuding ijazah Jaro Ade palsu, Erik mengaku tidak ada informasi maupun surat tembusan dari KPU Pusat ke KPU Kabupaten Bogor. “Tidak ada. Karena proses atau tahapan tanggapan masyarakat sudah selesai kan, sudah ada verifikasi. Artinya, tugas KPU sudah selesai, kami sudah mengumumkan ke masyarakat untuk meminta tanggapan, masukan, dan sebagainya,” imbuhnya. (cep)


Media Zone menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus), dan pengiriman Press Release, melalui email : redaksizone@gmail.com, dan redaksi@zone.co.id, atau via wa/SMS : 0878-15557788.

Continue Reading

PILKADA

Selama Ramadhan, SAY Santuni Ratusan Anak Yatim dan Dhuafa

Published

on

Relawan pasangan calon (Paslon) Bupati dan Wakil Bupati Bogor Ade Yasin-Iwan Setiawan itu, melaksanakan kegiatan berbagi di kediaman Hj. Maryati di Jalan Al-Falah, Kelurahan Cikaret, Kecamatan Cibinong, Kabupaten Bogor, Minggu (10/6/2018).

Bogorzone.com, Cibinong – Kebahagiaan terpancar diraut wajah puluhan anak yatim terlihat saat Srikandi Ade Yasin (SAY) memberikan santunan dan mengajak buka bersama (Bukber) di penghujung Bulan Suci Ramadhan tahun ini. Relawan pasangan calon (Paslon) Bupati dan Wakil Bupati Bogor Ade Yasin-Iwan Setiawan itu, melaksanakan kegiatan berbagi di kediaman Hj. Maryati di Jalan Al-Falah, Kelurahan Cikaret, Kecamatan Cibinong, Kabupaten Bogor, Minggu (10/6/2018).

Ketua SAY, Hj. Tuty Rantie mengatakan, santunan dan bukber yang dilakukan di rumah pengurus SAY ini, sebagai kegiatan penutup selama di bulan puasa.

“Untuk santunan penutup, kita menyantuni anak yatim sebanyak 75 orang,” ujarnya kepada Bogorzone.com.

Menurutnya, SAY sudah menyantuni sebanyak 500 anak yatim dan dhuafa yang berada di 40 kecamatan selama bulan ramadhan. Setiap kegiatan santunan, dilakukan di zona masing-masing oleh para pengurus SAY, baik tingkat desa, kecamatan hingga pusat (kabupaten).

“Kita juga membagikan 1000 takjil di 5 zona kampanye di Kabupaten Bogor,” papar Tuty.

Selain berbagi kebahagiaan dengan anak yatim dan dhuafa, di akhir kegiatan ini juga sekaligus bukber akbar SAY, mulai dari ketua, sekretaris, pengurus tingkat desa hingga pusat. Bahkan, lanjutnya, mengundang juga Direktur Eksekutif RYC dan Sekretaris RYC pusat.

“Jadi 120 pengurus SAY bersama anak yatim dan dhuafa berbaur hingga menjelang sholat tarawih, termasuk para tamu undangan yang juga merupakan tim pemenangan Paslon Ade Yasin-Iwan Setiawan (HADIST),” jelas Tuty.

Tuty menambahkan, acara silaturahmi ini juga, sekaligus ajang pemantapan strategi SAY dalam meraih dan mengamankan suara kaum perempuan sebagai kontribusi pemenangan Paslon HADIST.

“SAY sebagai inner sircle Ibu Hj. Ade Yasin, bertekad memberikan sumbangan suara dalam pemenangan paslon nomor 2 menjadi Bupati Bogor periode 2018-2023,” tukasnya. (ris)


Media Zone menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus), dan pengiriman Press Release, melalui email : redaksizone@gmail.com, dan redaksi@zone.co.id, atau via wa/SMS : 0878-15557788.

Continue Reading

PILKADA

BD Optimis HADIST Raup 70 Persen Suara Pemilih

Published

on

Bogorzone.com, Cibinong – Komandan Batalyon (Danyon) Tim Pemenangan Ade Yasin-Iwan Setiawan (Hadist) Kecamatan Cibinong, David Rizar Nugroho, optimistis pasangan Calon Bupati-Wakil Bupati Bogor Periode 2018-2023 itu akan meraih 70 persen di dalam Pilkada Kabupaten Bogor 27 Juni 2018 mendatang. Keyakinan itu bukan tanpa alasan, dimana dari hasil survei, pasangan HADIST menduduki peringkat tertinggi.

Salah satunya adalah hasil survey Indobarometer yang dilansir awal Mei lalu, di mana di Kecamatan Cibinong raihan suara pasangan Hadist adalah 66 persen.

“Saya yakin naik empat persen jadi 70 persen. Insya Allah tercapai dan itu bisa kita wujudkan karena tim Cibinong ini solid sekali,” kata pria yang akrab dipanggil BD ditemui wartawan usai konsolidasi dengan tim Hadist tingkat kelurahan di Kampung Sampora, Kecamatan Cibinong, Kabupaten Bogor, Minggu (10/6/2018).

Pemegang gelar Doktor Komunikasi Pembangunan IPB ini menjelaskan, dari Daftar Pemilih Tetap (DPT) yang dilansir KPU Kabupaten Bogor, Cibinong adalah kecamatan dengan jumlah hak pilih terbesar di Kabupaten Bogor yakni 199.198 pemilih. Bahkan, di kelurahan Pabuaran jumlah TPS-nya 53 buah. Sementara Kelurahan Pabuaran Mekar TPS-nya 46 buah.

“Dulu waktu pabuaran beum dimekarkan jumlah TPS-nya 99 buah,” jelasnya.

Dengan jumlah pemilih nyaris 200.000, David berusaha merumuskan strategi yang sederhana agar bisa meraih suara terbanyak. Salah satu streteginya adalah membentuk Tim Penggerak TPS (TPT) yang anggotanya berjumlah 10 orang. Ke-10 orang tersebut bertugas melakukan pemetaan , penggalangan dan pengawasan suara di setiap TPS.

“Tugas mereka sekarang memelototi DPT di TPS dan melakukan analisis terhadap perilaku voters di TPS tersebut. Setelah itu dari 10 orang ini bekerja untuk memarking voters yang sudah fix ke Hadist,” jelas mantan juru bicara Bupati Bogor di era Rachmat Yasin itu.

Dosen komunikasi program Diploma IPB dan FISIB Universitas Pakuan ini menambahkan, setelah TPT terbentuk dirinya langsung blusukan ke 13 kelurahan yang ada di TPS. Blusukan pertama di Kelurahan Karadenanan dan Nanggewer, kemudian di Ciriung dan Cimekar, Pabuaran dan Pabuaran Mekar, Harapan Jaya, Pondok Rajeg dan Tengah.

“Semua sudah saya datangi, Terakhir ini sekarang di Kelurahan Cibinong dan Nanggewer Mekar,” paparnya.

Dalam kegiatan blusukan yang berlangsung selama sepekan itu, BD mengaku banyak mendapat informasi lapangan. Salah satu informasi yang penting itu adalah pemetaan pemilih berdasarkan karateristiknya.

“Saya sudah dapat zona merah. Zona merah adalah TPS-TPS di mana perlu mendapat perhatian khusus. Saya akan pimpin langsung penanganan zona merah ini untuk memastikan suara Hadist aman dan tidak menguap,” tukasnya. (ris)


Media Zone menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus), dan pengiriman Press Release, melalui email : redaksizone@gmail.com, dan redaksi@zone.co.id, atau via wa/SMS : 0878-15557788.

Continue Reading
June 2018
M T W T F S S
« May    
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
252627282930  

Trending