Connect with us

PILKADA

Bima-Dedie Siapkan 3 Jurus Jitu Soal Pengangguran

Published

on

Bogorzone.com, Bogor – Persoalan pengangguran dan keterbatasan biaya kuliah masih menghantui sebagian besar warga Indonesia. Solusi menarik ditawarkan Bima Arya Sugiarto, Calon Waikota Bogor petaha a. Politisi yang juga dikenal sebagai akademisi ini tak sekali dua kali mendengar keluhan warga Bogor terkait keterbatasan biaya kuliah. Dalam acara ngawangkong bersama warga Kelurahan Kencana, Tanah Sareal, Kota Bogor, tadi malam.

Dalam kesempatan itu, Bima Arya yang didampingi wakilnya, Dedie Rachim, ditanya oleh salah seorang remaja putri terkait bagaimana cara menuntaskan atau mengurangi angka pengangguran di kota hujan. “Pak bisa dijelaskan gak program untuk menuntaskan atau mengurangi angka pengangguran di Kota Bogor? Atau kita sebagai warga Kota Bogor itu tidak usah jauh-jauh cari kerja ke Jakarta gitu. Nah bagaimana cara bapak untuk mengtasi hal itu,” tanya Rowdoh (25), lulusan S1 Universitas Islam Negeri (UIN) Jakarta yang tinggal di Kp Kencana II, Kelurahan Kencana, Kecamatan Tanah Sareal, Kota Bogor pada Sabtu (2/6/2018) malam tadi.

Bima segera menjawab dan merespon positif pertanyaan tersebut. Menurut Bima, terdapat tiga cara guna mengentaskan angka pengangguran di Kota Bogor. Pertama setiap usaha besar wajib hukumnya memperkerjakan warga Kota Bogor. Kedua, meningkatkan UMKM di Kota Bogor agar maju. Ketiga, pihaknya mencegah warganya tidak putus sekolah.

“Jadi caranya ada tiga. Pertama, setiap usaha yang ada di Bogor terutama usaha yang besar, itu wajib hukumnya memperkerjakan orang-orang yang KTPnya Kota Bogor. Contohnya Transmart yang baru di buka, begitu minta izin, saya bilang kepengusaha pertama jangan macam-macam, tidak buat macet, pokoknya desainnya harus aman. Saya gak mau tahu, jangan sampai yang kerja di Transmart lebih banyak warga Kabupaten dari pada warga kota. Kemaren pengusahanya lapor lagi saya bahwa pihak Transmart sudah menyediakan kurang lebih 400 kios UMKM untuk warga Kota Bogor,” papar Bima dihadapan warga Kencana.

Menurut Politisi PAN ini, jangan sampai setiap perusahaan besar yang berdiri di Kota Bogor mengabaikan serapan tenaga kerja, khususnya warga kota. “Jadi nomor satu itu setiap-setiap usaha besar seperti restoran, hotel, dan pusat perbelanjaan wajib hukumnya untuk menyerap tenaga kerja warga kota bogor. Nanti akan dikoordinasikan dengan Dinas Tenaga Kerja, dengan perindustrian, Camat dan Lurah supaya warga di prioritaskan,” jelasnya.

Langkah kedua, sambung Bima, ia bersama Pemerintah Kota (Pemkot) kedepan akan mendorong agar Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) lebih ditingkatkan, khususnya dari sisi bantuan permodalan. Selain itu, setiap berkembangnya UMKM juga dipastikan dapat menyerap tenaga kerja.

“Makanya setiap saya turun ke wilayah suka ingin ditunjukan UMKM diwilayah yang sedang menggeliat apa. Misalnnya UMKM Kerupuk, Mie Golosor, atau Lempeyek, itu harus kita dorong. Insya Allah kita bantu permodalannya. Nah disitulah akan menyerap lapangan pekerjaan,” kata dia.

Menurut Bima, tidak mungkin seluruh warga akan diterima kerja di perusahaan besar yang baru dibangun seperti Transmart dan perusahaan-perusahaan. Dan tidak mungkin juga seluruh warga bisa dapat lapangan pekerjaan di perkantoran.

“Kan gak semua bisa masuk Transmart, tidak semua warga juga bisa kerja kantoran. Paling nikmat ya semua juga punya usaha sendiri. Nah jadi insya allah kedepannya kita dorong UMKM. Permodalannya kita benahi terus. Jangan sampai nanti bantuannya berputar hanya ke orang itu-itu saja. Jadi kita akan pastikan bisa menyebar ke semua para pelaku UMKM di Kota Bogor,” terang dia.

Langkahnya ketiga atau terakhir, lebih jauh Bima menerangkan bahwa pihaknya akan mengikis angka putus sekolah dengan program beasiswa bagi warga tidak mampu dan berprestasi.

“Warga Kota Bogor tidak boleh ada yang putus sekolah. Karena kalau sekolahnya tinggi, minimal punya ijazah SMA atau SMK nolongnya lebih mudah. Kan kalau hanya lulus SD atau SMP terbatas pilihan kerjanya,” tandasnya.

Mendengar penjelasan mengani beasiswa, Rowdoh kembali bertanya kepada Walikota Bogor Bima Arya yang saat ini tengah menjalani cuti Pilkada selam 4 bulan. Pemudi dari Kp Kencana itu menanyakan apakah ada program dari pasangan Badra terkait beasiswa untuk program S2 di luar negeri. Lantas, Bima pun segera menjawabnya.

“Jadi sekarang ini beasiswanya masih untuk program S1. Program beasiswa ini baru ada tahun lalu, belum pernah sepanjang sejarah Kota Bogor ada 10 beasiswa untuk putra putri terbaik yang masuk di Universitas terbaik. Insya allah tahun depan ditambah lagi anggaran dan untuk program S2nya,” tegasnya.

Selain soal pengangguran, Badra Ngawangkong bersama warga Kp Kencana II, Kelurahan Kencana, Kecamatan Tanah Sareal ini pun menyerap aspirasi terkait upah tenaga guru ngaji di wilayah yang dinilai masih kurang layak.

Menjawab hal itu, Wakil Walikota Bogor nomor urut 3, Dedie A Rachim menjelaskan bahwa ia bersama pasangannya Bima Arya telah memiliki program bernama Bogor Samawa, dimana salah satu langkah kerjanya yaitu pemberian insentif bagi guru ngaji.

“Jadi bapak ibu, alhamdulilah berkat upaya Kang Bima pada mulai tahun lalu sudah dikeluarkan anggaran dari APBD Pemerintah Kota untuk memberikan insentif bagi para guru ngaji. Tapi saya belum berani menyebut itu gaji, karena jumlahnya belum memadai. Tahun kemaren dikucurkan anggarannya dengan total Rp 2,5 miliar se-Kota Bogor. Kedepan insya allah kita tambah anggarannya dan kita tambah juga penerimanya,” tutur Dedie seraya mengakhiri Badra Ngawangkong di wilayah perbatasan kota dengan kabupaten Bogor itu. (cep)


Media Zone menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus), dan pengiriman Press Release, melalui email : redaksizone@gmail.com, dan redaksi@zone.co.id, atau via wa/SMS : 0878-15557788.

PILKADA

Balad AY Tasyakuran Atas Kemenangan Paslon HADIST

Published

on

Bogorzone.com, Cijeruk – Potong tumpeng dan mendengarkan tausiyah menjadi rangkaian kegiatan tasyakuran Balad Ade Yasin (AY) untuk kemenangan Pasangan Calon (Paslon) Bupati dan Wakil Bupati Bogor, Hj. Ade Yasin – H. Iwan Setiawan (HADIST), di pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak yang dilaksanakan tanggal Rabu (27/6/2018) lalu.

Kegiatan tasyakuran tersebut, dihadiri para pengurus kordinator wilayah (Korwil) di enam daerah pemilihan (Dapil), 40 perwakilan pengurus koordinator tingkat kecamatan (Korcam) dan tingkat desa serta rukun warga se Kabupaten Bogor, di Vila Wasil Kampung Cibadak, RT 01/01, Desa Cijeruk, Kecamatan Cijeruk, Rabu (19/7/2018).

Wakil Bupati Bogor terpilih H. Iwan Setiawan dan juga Ketua Umum Balad AY, Edi Kusmana serta para pengurus Balad AY tingkat DPP pun nampak hadir dalam acara tasyakuran tersebut.

Ketua Umum Balad AY, Edi Kusmana mengatakan, kegiatan ini bentuk rasa terimakasih kepada Allah SWT yang sudah menjadikan Paslon HADIST sebagai pemenang dan menjadi pemimpin Kabupaten Bogor lima tahun kedepan.

“Kami bersyukur dengan hasil Pilkada, karena masyarakat memberikan amanah kepada Paslon HADIST untuk menjadi Bupati dan Wakil Bupati Bogor,” ujarnya saat pemotongan tumpeng kepada Bogorzone.com.

Selain itu, melalui kegiatan tasyakuran ini, keberadaan Balad AY yang sudah terbentuk di semua dapil dan kecamatan hingga tingkat desa, rukun warga maupun rukun tetangga, tetap terjalin silaturahmi.

“Biar Balad AY terus kompak dan tetap solid, makanya kami adakan tasyakuran ini,” jelas Edi Kusmana.

Wakil Bupati Bogor terpilih, H. Iwan Setiawan mengucapkan rasa terimakasih kepada para pengurus Balad AY yang sudah berjuang untuk memenangkan Paslon HADIST.

“Hanya ucapan terimakasih yang bisa saya sampaikan kepada seluruh jajaran pengurus Balad AY. Saya juga berterimakasih pada semua relawan Paslon HADIST yang sudah mendukung dan bekerja keras di Pilkada Bogor,” tukasnya. (ris)


Media Zone menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus), dan pengiriman Press Release, melalui email : redaksizone@gmail.com, dan redaksi@zone.co.id, atau via wa/SMS : 0878-15557788.

Continue Reading

PILKADA

KMBP3 Yakin Dikepemimpinan Ade Yasin – Iwan Setiawan Kabupaten Bogor Menjadi Termaju

Published

on

Pasangan Hadist saat menghadiri acara Panca Karsa atau lima program strategis untuk mengebut pembangunan di berbagai bidang.

Bogorzone.com, Cibinong – Pilkada Kabupaten Bogor 2018 telah berlalu dengan hasil suara tertinggi diraih oleh pasangan Hj.Ade Yasin – H.Iwan Setiawan (HADIST). Duet pemimpin pilihan rakyat itu pun disambut antusiasias oleh berbagai kelompok masyarakat, lantaran HADIST diketahui memiliki Panca Karsa atau lima program strategis untuk mengebut pembangunan di berbagai bidang.

Optimisme kalangan aktivis LSM dan mahasiswa pun mulai mengemuka, kebanyakan menilai duet HADIST kelak akan membawa perubahan signifikan, setidaknya menghasilkan banyak terobosan seperti yang pernah dilakukan oleh Rahmat Yasin semasa menjabat Bupati Bogor, seperti pembangunan Stadion Pakansari, Gelanggang Olahraga di Kecamatan-Kecamatan dan peningkatan infrastruktur.

Koalisi Masyarakat Bersih Pemantau Pemerintahan dan Pembangunan (KMBP3) menilai duet Bupati Ade Yasin dan Wakil Bupati Iwan Setiawan memunculkan harapan dan optimisme masyarakat luas. “Saya yakin beliau berdua akan melanjutkan target Bogor menjadi Kabupaten Termaju. Tapi untuk mencapai hal itu, harus mendapat dukungan masyarakat luas,” jelas Koordinator KMBP3, Coky Pasaribu, kepada wartawan di Cibinong, Rabu (18/7/18).

Menurutnya, selain figur Ade Yasin dan Iwan Setiawan yang kompeten dan bervisi maju, program Panca Karsa yang digagas HADIST sangat relevan dengan situasi dan kondisi saat ini.

“Seperti pembangunan dan peningkatan infrastruktur di pelosok dan wilayah perbatasan, pengembangan obyek pariwisata menjadi andalan PAD, dan perluasan lapangan kerja dengan menggenjot investasi,” paparnya.

Selain hal-hal tersebut, Coky juga memuji program Bogor Beradab, Bogor Sehat dan Bogor Cerdas yang dinilai sangat relevan serta memang dibutuhkan oleh warga Kabupaten Bogor. Tak cuma itu, visi maju lain HADIST ialah menempatkan figur-figur yang kompeten, kredibel dan berintegritas di dinas/badan atau unit kerja di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor.

“Komitmen HADIST untuk menjadikan figur-figur terbaik sebagai lokomotif kerja Pemkab Bogor tentu patut diapresiasi, sebab saat ini yang dirasa kurang memenuhi harapan ialah rendahnya kualitas pelayanan dan buruknya kinerja dinas yang berkaitan dengan kepentingan masyarakat luas, seperti dinas perizinan, dinas PUPR, dinas tenaga kerja, dinas pertanian, dinas pemuda dan olahraga serta kecamatan- kecamatan,” imbuh Coky.

Oleh karena itu, KMBP3 mengajak seluruh elemen masyarakat untuk mendukung kepemimpinan HADIST serta berperan aktif dalam setiap program dan kebijakan Pemkab Bogor.

“Tentunya LSM, mahasiswa dan unsur masyarakat lain harus peduli dengan pro aktif memberikan masukan dan informasi kepada Bupati dan Wabup kedepannya. Jangan pasif, karena duet Ade Yasin dan Iwan Setiawan adalah pemimpin kita bersama,” pungkas Coky. (ris)


Media Zone menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus), dan pengiriman Press Release, melalui email : redaksizone@gmail.com, dan redaksi@zone.co.id, atau via wa/SMS : 0878-15557788.

Continue Reading

PILKADA

Perolehan Suara Bima-Dedie Naik Dibanding Pilkada 2013

Published

on

Acara Gerakan Tanam Pohon (GTP) ke-179 di Kelurahan Kebon Pedes, Kecamatan Tanah Sareal.

Bogorzone.com, Bogor – Perolehan suara Bima Arya-Dedie (Badra) Rachim pada Pilkada 2018 naik atau lebih tinggi dibandingkan dengan perolehan suara pada Pilkada 2013. Demikian dikatakan Ketua Tim Pemenangan Badra yang sekaligus Ketua DPD Golkar Kota Bogor, Tauhid J Tagor.

Tagor menjelaskan, perolehan suara Badra pada 2018 mencapai target dengan jumlah 43 persen. “Itu meningkat dibandingkan perolehan Bima pada Pilkada tahun 2013 sewaktu berpasangan dengan Usmar Hariman. Artinya selama empat tahun memimpin Kota Bogor ada perubahan. Mudah-mudahan sekarang berpasangan dengan Dedie A Rachim ini bisa menutup kekurangan-kekurangannya,” ungkapnya usai menghadiri acara Gerakan Tanam Pohon (GTP) ke-179 di Kelurahan Kebon Pedes, Kecamatan Tanah Sareal, Kota Bogor, Minggu (15/07/18).

Dengan kemenangan Badra, kata Tagor, pihaknya mengucapkan terima kasih atas pengorbanan dan kerja keras tim koalisi dan relawan selama proses pemenangan Pilwalkot Bogor 2018.

“Alhamdulillah kami ucapkan terima kasih setinggi-tingginya bahwa kami dengan dengan pasangan Bima Arya – Dedie A Rachim masih diberikan kepercayaan oleh masyarakat untuk meneruskan ikhtiar pembangunan di Kota Bogor, dan itu sangat kami apresiasi,” ujarnya.

Kemenangan tersebut, lanjutnya, adalah kemenangan bersama seluruh masyarakat Kota Bogor yang di-promote oleh partai koalisi dan relawan. “Kami berusaha semaksimal mungkin mengerahkan segala daya upaya dan kemampuan dari masing-masing stakeholder pengusung Badra. Alhamdulillah sampai saat ini bahkan sampai penetapan pun kami masih tetap komunikasi, tetap bertemu, walaupun memang pada tahun 2019 masing-masing dari koalisi akan saling berhadapan. Saya yakin dengan suasana yang sangat kondusif dan kebesaran hati dari masing-masing pimpinan partai politik baik pengusung Badra maupun non pengusung maupun pengusung yang lain, Insya Allah saya yakin Pemilu tahun 2019 ini akan tetap terjaga kondusifitasnya,” ujarnya. (dns)


Media Zone menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus), dan pengiriman Press Release, melalui email : redaksizone@gmail.com, dan redaksi@zone.co.id, atau via wa/SMS : 0878-15557788.

Continue Reading
June 2018
M T W T F S S
« May   Jul »
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
252627282930  

Trending