Connect with us

KABUPATEN BOGOR

Melestarikan Lingkungan, Pabrik AQUA Ciherang Lakukan Berbagai Inovasi

Published

on

Pabrik AQUA Ciherang terus mengembangkan energi terbarukan dalam melestarikan lingkungan.

Bogorzone.com, Caringin – Pelestarian lingkungan menjadi program Pabrik AQUA Ciherang. Pabrik yang berdiri sejak tanggal 15 Juni 2012 berlokasi di dua desa, yakni Desa Ciherang Pondok dan Desa Ciderum, Kecamatan Caringin, Kabupaten Bogor itu, saat ini sedang dan sudah melakukan berbagai inovasi penting terkait menjaga keberadaan lingkungan di wilayah sekitar.

Berbagai terobosan yang sudah dilakukan seluruh jajaran direksi perusahaan Danone tersebut, seperti memanfaatkan sinar matahari, memanen air hujan dan menjalankan Zero Waste to Landfill sebagai program dalam operasional sehari-hari.

Engineering and Technovation Director Danone-AQUA, Budi Hartono Susilo mengungkapkan, saat ini Pabrik AQUA Ciherang telah dikembangkan menjadi pabrik yang betul-betul ramah lingkungan (green factory).

Selain melakukan efisiensi air dan energi sebagaimana yang dilakukan pabrik AQUA lainnya, kata Budi, Pabrik AQUA Ciherang juga telah mengembangkan energi terbarukan dengan memasang solar panel di atas bangunan pabrik. Solar panel ini dipasang dengan mengoptimalkan atap pabrik  menghasilkan energi sebesar 770 KWp atau dalam setahun menghasilkan 885.000 Kwh yang dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan listrik di pabrik.

Solar panel tersebut juga, lanjutnya, mampu mengurangi emisi CO2 sebesar 860 Ton CO2 atau setara dengan pengurangan CO2 yang dihasilkan 15,000 pohon.

“Dengan instalasi ini, Pabrik AQUA Ciherang memanfaatkan sinar matahari yang bersinar bebas, menjadi sumber energi terbarukan yang bermanfaat untuk operasional pabrik,” ujar Budi kepada wartawan saat di lokasi Pabrik AQUA Ciherang, Selasa (10/4/2018) siang.

Menurutnya, instalasi panel surya mulai dibangun di pertengahan tahun 2017 dan merupakan proyek pertama di Indonesia yang digunakan untuk konsumsi industri. Proyek ini dikerjakan oleh tim ahli yang sudah berpengalaman serta mempunyai rekam jejak baik dalam perancangan instalasi panel surya. Hal itu untuk memastikan bahwa rancangan instalasi panel surya ini dapat berjalan dengan aman dan baik, sesuai kaidah keamanan dan rekayasa teknik dan juga sesuai dengan peraturan yang dikeluarkan oleh PLN.

“Secara simbolis instalasi ini diresmikan oleh Muriel Jaujou, Danone Global Water Resource and Environment Director dalam suatu acara sederhana di Pabrik AQUA Ciherang pada November 2017,” jelas Budi.

Selain itu, dikembangkan juga program Panen Air Hujan (Rainwater Harvesting). Curah hujan yang tinggi di Kabupaten Bogor, mendorong Pabrik AQUA Ciherang untuk memasang instalasi khusus untuk memanen air hujan pada kisaran rata-rata 201.000 liter sekali hujan.

Air hujan itu, sambung Budi, kemudian dialirkan ke bak penampung untuk dimanfaatkan sebagai kebutuhan domestik, sementara sisanya (overflow) dimasukan ke dalam tanah sebagai bagian konservasi air tanah.

Budi menjelaskan, dari hasil survei dalam setahun, hujan yang turun adalah selama 115 hari. Dengan demikian, air hujan yang dapat dipanen adalah sebesar 23.115.000 liter setahun.

“Itu merupakan jumlah air hujan yang cukup signifikan yang dapat dimanfaatkan sebagai penghematan air tanah dan membantu ketersediaan air tanah untuk generasi mendatang,” paparnya.

Program lain yang saat ini sedang berjalan di Pabrik AQUA Ciherang, penurunan seminimal mungkin sampah didalam pabrik yang biasanya akan dibuang ke tempat pembuangan sampah melalui program Zero Waste to Landfill. Dalam hal ini, pihak pabrik berupaya maksimal agar tidak ada sampah, baik berasal dari karyawan maupun tamu-tamu yang datang ke pabrik. Hal tersebut ditempuh melalui perubahan kebiasaan untuk tidak menggunakan snack box, botol atau gelas minum sekali pakai, plastik, karton, kertas, dan lain-lain.

“Perubahan itu membuat Pabrik AQUA Ciherang dapat menurunkan sampah secara drastis, melakukan efisiensi dalam biaya pengelolaan sampah, dan tentu saja yang terpenting adalah ikut melestarikan lingkungan,” imbuhnya.

Sedangkan di luar pabrik atau di masyarakat, Pabrik AQUA Ciherang melakukan berbagai aktivitas CSR secara berkelanjutan. Dari hasil pemetaan persoalan lingkungan serta kebutuhan, Pabrik AQUA Ciherang menjalankan kegiatan konservasi, penyediaan akses air bersih, pemberdayaan masyarakat, dan perbaikan infrastruktur.

“Danone-AQUA akan meneruskan komitmennya untuk memimpin bisnis berkelanjutan dengan menginspirasi dan memfasilitasi aksi kebaikan melalui tiga pilar, yaitu kebaikan untuk alam, kebaikan untuk manusia dan kebaikan untuk masyarakat,” tukas Budi.

Pabrik AQUA Ciherang ini berdiri di atas lahan seluas 8,8 hektar. Pemanfaatan lahan untuk bangunan pabrik seluas 3,1 hektar dan 5,7 hektar digunakan sebagai ruang terbuka hijau. Saat ini Pabrik AQUA Ciherang mempekerjakan 260 orang yang 87% berasal dari sekitar pabrik. Mereka bekerja bersama untuk memproduksi AQUA kemasan galon, kemasan botol 600 ml, dan botol 330 ml. (ded)


Media Zone menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus), dan pengiriman Press Release, melalui email : redaksizone@gmail.com, dan redaksi@zone.co.id, atau via wa/SMS : 0878-15557788.

Continue Reading

KABUPATEN BOGOR

Eka Gumilar : No 9 Nomor Urut Paling Bawah, Insyaallah Berkah

Published

on

Caleg dari partai Gerindra untuk Dapil Kabupaten Bogor, Eka Gumilar.

Bogorzone.com, Bogor – Sejumlah dukungan datang kepada Eka Gumilar yang memutuskan ikut maju sebagai caleg dari partai Gerindra untuk Dapil Kabupaten Bogor. Dukungan tersebut datang dari berbagai ormas seperti Geprindo, Barisan Putra-Putri Indonesia, bahkan dari Putri Proklamator Rachmawati Soekarnoputri ikut menyatakan dukungannya.

Namun terkait nomor urut di kertas suara, justru Eka sangat mensyukuri harapannya mendapatkan nomor paling bawah, yakni nomor 9.

“Kebetulan saja, saya memfavoritkan angka 9, hp saya pun 9 semua, mengingatkan saya sama ibu yang mengandung saya 9 bulan. Karena doa dan support beliaulah saya bersedia maju”, ujar Eka

Di Dapil V Kabupaten Bogor memang diisi oleh 9 nama calon anggota legislatif DPR RI.

Selain itu, Eka mengingatkan bahwa perjuangan kita harus bisa berpihak kepada rakyat kecil dalam kemudahan mendapatkan 9 bahan pokok yang murah dan tidak boleh hanya dikuasai oleh raksasa ekonomi 9 naga.

“Rakyat sekarang cerdas, dengan pemilihan suara terbanyak, bukan lagi nomor urut yang menentukan, nomor atas belum tentu jadi, nomor paling bawah belum tentu kalah”, jelas Eka.

“Sesuai visi saya memajukan ekonomi rakyat bawah, saya bersyukur dapat nomor paling bawah, semoga berkah dan menyemangati saya untuk bisa menang! Jika Allah izinkan saya menang, insyallah ini akan mengingatkan saya tidak boleh sombong dan melupakan rakyat paling bawah”, tegas Eka

Eka adalah Putera Sunda asli yang juga menjadi warga Kabupaten Bogor. Dalam jargonnya “Nyunda Pisan, aya dulur masa pilih batur” Eka ingin menjadi perwakilan warga Bogor yang masih kental dengan budaya Sunda-nya.

Buat warga Kabuoaten Bogor yang belum mengenal sosok Eka Gumilar, bisa mengikuti akun twitternya @ekagumilars Instagram @ekagumilars dan akun facebook Eka Gumilar. (bny)


Media Zone menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus), dan pengiriman Press Release, melalui email : redaksizone@gmail.com, dan redaksi@zone.co.id, atau via wa/SMS : 0878-15557788.

Continue Reading

KABUPATEN BOGOR

Batalyon Infanteri (YONIF) 328/Dirgahayu Melaksanakan Latihan Pratugas Pamrahwan Papua di Sekitar Gunung Salak

Published

on

Yonif Para Raider 328/Dirgahayu melaksanakan latihan Pratugas di sekitar Gunung Salak, Bogor.

Bogorzone.com, Bogor – Dalam rangka persiapan tugas Pamrahwan Papua, Yonif Para Raider 328/Dirgahayu melaksanakan latihan Pratugas di sekitar Gunung Salak, Bogor. Kegiatan latihan tersebut bertujuan untuk melatih kemampuan personel yang akan berangkat Satgas Pamrahwan Papua untuk mendukung kesiapan dalam melaksanakan tugas.

Latihan yang dimulai dari tanggal 3 sampai dengan 14 September 2018 di lakukan di sekitar gunung Salak, yang di peranggapkan sama dengan kondisi wilayah Papua. Komandan Satuan Tugas (Dansatgas), Mayor Inf Erwin Iswari, S. Sos., M. Tr (Han) mengatakan bahwa latihan pratugas sangat penting dalam menunjang tugas di medan sebenarnya di Papua. “Latihan ini kita peranggapkan sebagai medan sebenarnya di papua, sehingga para prajurit dalam keadaan siap dan waspada dihadapkan dengan situasi yang terjadi disana” ujar nya.

Perwira Penerangan Satuan Tugas (Papen Satgas), Lettu Chk Ghesa Khiastra, S.S.T.Han., S.H., S.IP., M.H. mengatakan bahwa selama latihan Pratugas personel dilatihkan dengan keadaan-keadan yang sering terjadi di daerah Tugas. “selama latihan, personel di hadapkan dengan kondisi-kondisi serta kejadian yang sering terjadi di daerah Papua sehingga prajurit tahu tindakan apa yang seharusnya di lakukan.” Ujar nya.

Selain kegiatan latihan, juga di berikan materi Teritorial seperti penyuluhan Hukum, Pertanian, Perkebunan, Bela Negara, Dll kepada masyarakat dan anak-anak sekolah di sekitar daerah latihan. (zal)


Media Zone menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus), dan pengiriman Press Release, melalui email : redaksizone@gmail.com, dan redaksi@zone.co.id, atau via wa/SMS : 0878-15557788.

Continue Reading

KABUPATEN BOGOR

Rachmawati Soekarno Ajak Warga Bogor Mendukung Eka Gumilar Maju ke Senayan

Published

on

Rachmawati Soekarnoputeri mengajak warga Kabupaten Bogor untuk mendukung pencalonan Eka Gumilar menjadi calon anggota legislatif DPR RI 2019 - 2024.

Bogorzone.com, Bogor – Puteri proklamator Rachmawati Soekarnoputeri mengajak warga Kabupaten Bogor untuk mendukung pencalonan Eka Gumilar menjadi calon anggota legislatif DPR RI 2019 – 2024.

“Saya mengajak Warga Kabupaten Bogor ikut mendoakan dan mendukung pencalonan sdr. Eka Gumilar sebagai Caleg Partai Gerindra untuk DPR RIAamin”, tulis Mbak Rachma, begitu ia disapa, melalui akun twittenya @rsoekarnoputri, Selasa (04/09/2018).

Eka Gumilar yang merupakan putera asli Sunda mengagas jargon MERDEKA (Majukan Ekonomi Rakyat Dengan EKA). Di surat suara KPU, nama Eka Gumilar menempati posisi nomor 9 (sembilan) paling bawah.

Bagi warganet Kabupaten Bogor bisa mengikuti polling online untuk memilih calon wakil rakyat yang Anda jagokan di Pemilu 2019, ikuti tautan berikut: https://strawpoll.com/5kz2p566. (rin)


Media Zone menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus), dan pengiriman Press Release, melalui email : redaksizone@gmail.com, dan redaksi@zone.co.id, atau via wa/SMS : 0878-15557788.

Continue Reading
April 2018
M T W T F S S
« Mar   May »
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
30  

Trending