Connect with us

PILKADA

Wakil Bupati Paslon HADIST Terus Kedatangan Warga dan Tokoh Agama

Published

on

Bogorzone.com, Cisarua – Calon Wakil Bupati Bogor, Iwan Setiawan yang berpasangan dengan Ade Yasin, Calon Bupati Bogor dalam Pilkada Kabupaten Bogor 2018 nanti, terus kedatangan warga dan para tokoh agama.

Seperti terlihat pada Minggu (11/3/2018) malam, pasangan calon (Paslon) HADIST yang merupakan Ketua DPC Gerindra Kabupaten Bogor itu, hampir 24 jam melayani warga yang ingin bertemu.

Iwan Setiawan mengatakan, hampir setiap hari warga yang ada di wilayah selatan terutama di Kecamatan Cisarua, selalu datang dan bertemu untuk hanya sekedar ngobrol.

“Waktu malam Senin, saya sampai jam 01.00 WIB ngobrol bersama warga dibeberapa desa di Saung Bromelia Hankam,” akunya kepada Bogorzone.com.

Adapun warga yang datang untuk bertemu, lanjutnya, itu berasal dari wilayah selatan yang terdiri dari tujuh kecamatan. Bahkan, ada juga warga yang ada di wilayah barat, timur, tengah dan utara Kabupaten Bogor.

“Tapi yang lebih sering sih warga di wilayah Cisarua. Kalau sudah pada datang, lokasi saung sampai tidak cukup menampung warga,” kata Iwan.

Ia mengungkapkan, warga yang datang ke rumah ataupun Saung Bromelia, setelah usai melakukan kampanye. Kedatangan warga, ingin tahu lebih dalam terkait pencalonannya menjadi wakil bupati mendampingi adik mantan Bupati Bogor, Rachmat Yasin.

“Saya akan realisasikan keinginan dan harapan warga bersama ibu Ade Yasin jika duduk menjadi wakil bupati,” imbuh anak pemilik Pondok Pesantren (Ponpes) Nurul Haq di Desa Kopo, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bogor tersebut.

Kiki, warga Cilember mengaku optimis akan berjuang memenangkan Paslon HADIST. Alasannya, karena Iwan Setiawan merupakan warga Cisarua dan harus didukung untuk menjadi pemimpin di Kabupaten Bogor.

“Setelah mendengar pembicaraan Pak Iwan, maka saya akan berjuang memenangkan Ibu Ade Yasin menjadi Bupati Bogor dan Pak Iwan Setiawan sebagai Wakil Bupati Bogor periode 2018-2023,” tukasnya. (ris)


Media Zone menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus), dan pengiriman Press Release, melalui email : redaksizone@gmail.com, dan redaksi@zone.co.id, atau via wa/SMS : 0878-15557788.

PILKADA

Terkait Kampanye Ilegal, Penyidik Gabungan Cecar Usmar Hariman

Published

on

Plt Walikota Bogor, Usmar Hariman.

Bogorzone.com, Bogor – Plt Walikota Bogor Usmar Hariman diperiksa penyidik Penegakan Hukum Terpadu (Gakkumdu) di Kantor Panwaslu Kota Bogor, Jalan Ismaya, Bantarjati, Bogor Utara, Selasa (19/6/2018). Diperiksanya Usmar terkait dugaan pelanggaran Undang Undang Pilkada serta etika sebagai pejabat negara.

Dari pantauan, Usmar tiba di Kantor Panwaslu sekitar jam 10.00 WIB dengan mengenakan kemeja abu-abu. Ia datang mengendarai mobil pribadinya Honda CR-V seorang diri tanpa didampingi siapapun.

Kedatangannya ditemui langsung oleh Ketua Panwaslu Kota Bogor Yustinus Elias Mau. Usai berbincang singkat, ia lalu diarahkan menuju ruangan pemeriksaan yang terletak di lantai 2 kantor tersebut. Selain penyidik Panwaslu, terlihat juga dua orang penyidik lain dari unsir kepolisian dan kejaksaan. 

Mantan politisi Partai Demokrat yang kini berlabuh di Partai Gerindra itu mengaku dicecar 25 pertanyaan oleh penyidik dengan waktu pemeriksaan sekitar 2 jam.

“Tadi saya klarifikasi di dalam 25 pertanyaan yang diajukan penyidik. Saya di sini ngobrol. Lebih banyak ngobrolnya tadi. Substantifnya tanya ke penyidik ya. Saya coba jawab sesuai dengan sumpah janji,” ungkap Usmar di lokasi.

Ditanya soal rekaman yang beredar yang terdengar memihak kepada salah satu paslon, Usmar tidak membantahnya. Hanya saja dirinya menyampaikan bahan apa yang diberikan oleh seseorang yang ia tidak sebutkan.

“Nggak tahu saya juga ya. Kenapa ada (hasil survei) itu ya. Obrolannya kalau boleh saya sampaikan, kondisinya lesehan sangat informal. Sehingga bahasanya juga silaturahmi dan buka bersama, kan? Semua prosesnya berjalan dengan begitu saja. Tidak ada maksud lain. Ada penyampaian beberapa poin bahan bagi kawan-kawan yang hadir saat itu, iya. Jadi informasi yang saya dapatkan, saya sampaikan apa adanya. Nggak ditambah, nggak dikurang. Dan tidak ada maksud lain kaitan dengan tendesius ke satu, tidak ada,” jelasnya.

Lantas, apa yang dimaksud ‘Kita Menang’ dalam penyampaian materi oleh Usmar kepada LPM? “Ha ha ha. karena sifatnya menerima bahan itu ya bahan yang mereka berikan ke saya. Saya rasa seperti yang sudah dirilis sebelumnya ya,” tambahnya.

Sayangnya, Usmar tidak secara gamblang menyebutkan dari mana bahan materi pertemuan dengan LPM itu ia terima. “Banyak informasi dari berbagai sumber. Melalui WA tanpa identitas. Jadi itu sebagai bahan. Kebetulan itu ngalir saja. Ada juga informasi dari beberapa lembaga survei yang lembaganya juga tidak disampaikan ke saya. Ada informasi survei hasilnya begini-begini, ya sudah saya sampaikan. Toh itu untuk wacana saja. Tidak ada tendensi untuk pasangan lain. Bahwa ada dinamika di lapangan, dipersepsikan lain-lain itu sah-sah saja,” terang dia.(cep)


Media Zone menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus), dan pengiriman Press Release, melalui email : redaksizone@gmail.com, dan redaksi@zone.co.id, atau via wa/SMS : 0878-15557788.

Continue Reading

PILKADA

Bawaslu : Kalau Tidak Ada Surat Cuti, Usmar Masuk Pidana

Published

on

Bogorzone.com, Bogor – Badan Pengawas Pemilu Republik Indonesia (Bawaslu RI) membidik pelanggaran pelanggaran Pilkada yang dilakukan oleh Plt Walikota Bogor Usmar Hariman. Saat dihubungi melalui pesan singkat, Selasa (19/6/2018), Komisioner Bawaslu RI Divisi Penyelesaian Sengketa, Rahmat Bagja menegaskan, jika tidak ada pemberitahuan ke KPUD Kota Bogor terkait aktivitas Usmar Hariman di luar kedinasan, maka jabatannya tetap melekat sebagai Plt Walikota Bogor.

“Kalau cuti untuk kampanye harus ada pemberitahuan ke KPUD. (Cuti nasional) tidak bisa digunakan karena jabatannya tetap melekat,” ungkap Rahmat kepada wartawan.

Mantan Dosen Universitas Al Azhar Indonesia itu juga menekankan, Usmar berpotensi melanggar aturan Pilkada karena bersikap tidak netral. “Sanksinya bisa administrasi dan pidana,” tegas alumni SMP dan SMA Negeri 2 Bogor itu.

Pria yang juga pernah menjabat sebagai Sekretaris Jenderal Ikatan Senat Mahasiswa Hukum seluruh Indonesia (ISMAHI) itu menambahkan, sanksi pidana pada UU Pilkada dan UU Pemilu bisa diberlakukan untuk Plt Walikota Bogor ketika memang terbukti melakukan keberpihakan kepada salah satu paslon dalam posisi Ismar masih duduk sebagai Pejabat Negara. “Bisa (dipidana) jika terbukti,” imbuhnya

Sebelumnya, Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Gerindra Kota Bogor angkat bicara soal pelaporan sejumlah pihak ke Panwaslu atas dugaan pelanggaran pemilu yang dilakukan Plt Wali Kota Bogor Usmar Hariman. Partai Gerindra beranggapan bahwa pernyataan yang disampaikan Usmar kepada pengurus LPM beberapa hari lalu merupakan hal wajar dan biasa saja.

Sebab, acara yang dilakukan Usmar dengan para pengurus Lembaga Pemberdayaan Masyrakat (LPM) dilaksanakan saat masa cuti nasional. “Kami rasa Us¬mar sebagai kader Partai Gerindra berhak menyuarakan kepentingan partai,” ujar Ketua DPC Partai Gerindra Kota Bogor Sopian Ali Agam.

Sopian yang juga Ketua Steering Committee (SC) Tim Paslon Nomor urut 1 Ruyat-Zaenul ini meyakini bahwa kemungkinan Usmar berkata demikian karena sebagai pribadi kader Gerindra. “Kalau di luar dinas, sebagai kader partai, saya rasa punya hak untuk itu dan dikembalikan kepada LPM,” ucapnya seraya mengaku bang¬ga memiliki kader militan.

Kasus ini bermula saat Usmar Hariman yang sedang menggelar pertemuan dengan Lembaga Pemberdayaan Masyrakat (LPM) se-Kota Bogor di Hotel Savero Bogor pada Senin (11/6/2018) lalu.

Acara yang bertajuk ‘Buka Puasa bersama Asosiasi LPM dengan Plt Walikota Bogor’ itu berbalut pembagian THR dan parsel lebaran. Acara juga dimanfaatkan Usmar untuk berkampanye. Bahkan, Usmar terdengar mengajak, mengarahkan dan memihak kepada salah satu paslon. Sesekali dirinya juga menjatuhkan pasangan lain.

Dalam rekaman berdurasi 14 menit yang beredar, Usmar mulai terdengar berpihak kepada salah satu paslon saat memasuki rekaman menit ketujuh. “Dari empat pilihan pasangan (calon) yang ada, kita tidak mungkin memilih walikotanya dua. Pasti kita pilih satu. Walikota dimana-mana juga satu, wakil juga satu. Nggak ada walikota tiga,” ungkap Usmar.

Usmar kemudian melanjutkan dengan membahas hasil survei. Ia juga menyatakan telah melakukan survei terbaru. “Dan per tanggal 1-5 Juni, kita melakukan survei lagi. Ingin tahu hasilnya? Kasih tahu nggak ya? Jadi, tanggal 1-5 Juni kita melakukan survey, Alhamdulillah… kita menang 3,08 persen. 1-5 Juni kita unggul 3,08 persen. Kalau teman-teman dengar dari kubu sebelah mereka yang menang biarin saja, itu shock terapi yang penting kita terus komunikasi,” tegas Usmar.

Tidak itu saja, dalam kesempatan tersebut juga Usmar mengaku membantu pasangan calon nomor urut 1 Ruyat-Zaenul dengan menyalahgunakan jabatannya sebagai Plt Walikota. “Sungguh luar biasa teman-teman (paslon) nomor satu dengan keterbatasan yang ada, tergopoh-gopohlah. Saya juga nggak bisa bantu banyak, kecuali memberikan beberapa program yang bisa disahkan,” jelasnya.

“Jadi itu sebagai parameter untuk bapak-bapak sekalian. Poin utamanya, kita unggul. Kita itu maksudnya nomor satu unggul di 3,08 persen. Mungkin pembicaaraan kita stop disitu, sebentar lagi adzan dan berbuka puasa. Harus kita viralkan ke teman-teman di bawah,” pungkasnya.(cep)


Media Zone menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus), dan pengiriman Press Release, melalui email : redaksizone@gmail.com, dan redaksi@zone.co.id, atau via wa/SMS : 0878-15557788.

Continue Reading

PILKADA

Tiga Media Online Bakal Dipidanakan Tim Kuasa Hukum HADIST

Published

on

Bogorzone.com, Bogor – Calon Bupati Bogor, Hj.Ade Yasin bakal melakukan tindakan hukum terhadap sejumlah media online yang dinilai telah menyebarkan fitnah melalui pemberitaan. Selain ke Dewan Pers, tim kuasa hukum Ade Yasin juga akan melaporkan media-media online yang menayangkan informasi berbau fitnah tersebut ke Mabes Polri.

Menurut David Rizar Nugroho, Wakil Direktur Tim Pemenangan Bidang Komunikasi Publik dan Hubungan Media Pasangan Calon Bupati/Wakil Bupati Bogor Ade Yasin-Iwan Setiawan (Hadist), sejauh ini sudah tiga media online ditengarai sudah menyebarkan berita fitnah yang sengaja disebarkan menjelang waktu pencoblosan untuk mempengaruhi masyarakat Kabupaten Bogor, terutama yang memiliki hak pilih.

“Jumlah media online yang akan kita pidanakan mungkin saja bertambah. Tim kita sedang melakukan monitoring. Sebelum kita pidanakan, kita mau lapor dulu ke dewan pers,” jelas David dalam siaran persnya Minggu (17/6/2018) kemarin.

Mantan Juru Bicara Bupati Bogor Rachmat Yasin ini menjelaskan, laporan ke dewan pers adalah yang kali kedua.

Beberapa waktu lalu, dirinya juga melaporkan sejumlah media online ke dewan pers terkait pemberitaan yang tendensius dan tidak berimbang terhadap Rachmat Yasin.

David mencatat, setidaknya tiga media online yaitu inilahnews.com, bharatanews.com dan sentananews.com. Ketiganya memuat konten berita dengan sangat tendensius dan tidak berimbang.

“Judulnya provokatif, isinya banyakan opini dan parahnya tidak cover both side. Setahu saya semua produk berita harus tunduk dengan Kode Etik Jurnalistik (KEJ),” paparnya seraya menjelaskan pasal 1 KEJ bahwa wartawan Indonesia bersikap independen, menghasilkan berita yang akurat, berimbang, dan tidak beritikad buruk.

Di pasal 3 dijelaskan, bahwa wartawan Indonesia selalu menguji informasi, memberitakan secara berimbang, tidak mencampurkan fakta dan opini yang menghakimi, serta menerapkan asas praduga tak bersalah. Sedangkan pasal 4 menyebutkan wartawan Indonesia tidak membuat berita bohong, fitnah, sadis, dan cabul.

“Kami meminta Dewan Pers menguji ketiga pasal tersebut terhadap berita yang di tulis inilahnews.com, bharatanews.com dan sentananews.com. Kalau rekomendasi dewan pers bisa ditempuh jalur pidana, langsung kita laporkan ke polisi,” tegas pemegang gelar Doktor Komunikasi Pembangunan IPB ini.

David mengaku, telah menelusuri ketiga situs online tersebut. Ternyata, selain pengelolanya tidak jelas badan hukumnya juga tidak ada. “Undang-Undang Pers Nomor 40 Tahun 1999 menjelaskan intitusi pers harus berbadan hukum. Dugaan kami situs berita ini dibuat sengaja oleh kelompok-kelompok tertentu dengan tujuan menghasut publik dengan menyebarkan kabar hoaks. Tapi semua kami serahkan ke dewan pers untuk melakukan klarifikasi,” paparnya.

Terkait hal tesebut, Ade Yasin telah menunjuk Usep Supratman, SH sebagai penasihat hukum yang diberikan kuasa untuk melaporkan tiga media online tersebut ke dewan pers, sekaligus membuat laporan pidana jika ada rekomendasi dari Dewan Pers.

“Kami bukan tidak menghormati kebebasan pers. Kami ingin kebebasan pers digunakan untuk menghasilkan produk berita yang kredibel dan akurat. Jangan ada trial by press. Justru laporan kami ini sebagai bentuk penghormatan kepada media-media yang telah membuat konten berita sesuai dengan kode etik jurnalistik. Biar jelas mana berita konten hoaks dan berita yang kredibel serta akurat,” ujarnya.

David mengakui, menjelang hari pencoblosan tanggal 27 Juni 2018, serangan-serangan melalui kabar hoaks deras dialamatkan pasangan Hadist. Tujuannya tak lain adalah menggerus elektabilitas pasangan Hadist dengan membangun opini publik melalui kabar hoaks. Kabar hoaks tersebut bukan hanya melalui media online tapi juga melalui media sosial.

“Ini menandakan kepanikan luar biasa dari lawan politik. Mereka sudah kehilangan akal sehat sehingga segala cara dihalalkan. Kenapa? Karena hasil survai semua lembaga survey yang kredibel dan bereputasi nasional, eletabillitas hadist tak tergoyangkan di nomor satu. Voters hadist sudah firm gak akan goyah dan gak akan mempan digoyang oleh kampanye hitam. Mereka bilang ke saya, kalau ada yang ngasih telor lagi mau diambil saja buat bikin kue. Beres bikin kue, nyuci loyangnya pake sabun merek Hadist,” kelakar David (ris)


Media Zone menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus), dan pengiriman Press Release, melalui email : redaksizone@gmail.com, dan redaksi@zone.co.id, atau via wa/SMS : 0878-15557788.

Continue Reading
March 2018
M T W T F S S
« Feb   Apr »
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
262728293031  

Trending