Kecamatan Megamendung Pilot Projects Paten Online

Bogorzone.com, Megamendung – Pemerintah Kecamatan (Pencam) Megamendung, Kabupaten Bogor, menjadi pilot projects dalam pelayanan terhadap masyarakat. Hal itu ditegaskan Bupati Bogor, Hj. Nurhayanti ketika melaunching Paten online, di halaman Kantor Kecamatan Megamendung, Minggu (7/1/2018).

Menurut bupati, sistem pelayanan berbasis online, baru diterapkan di Kecamatan Megamendung. Sehingga, harus ditiru para camat yang ada di Kabupaten Bogor agar menerapkan sistem pelayanan online tersebut.

“Saya apresiasi camat beserta jajaran yang telah bekerja keras untuk mewujudkan sebuah inovasi tekhnologi, dimana masyarakat jadi dipermudah dalam mengurus ijin. Mudah-mudahan kecamatan lain bisa juga melakukan hal ini (Launching Paten Online), bahkan kalau bisa dengan terobosan dan inovasi tekhnologi baru lainnya untuk kepentingan masyarakat,” ujar Nurhayanti kepada Bogorzone.com.

Nurhayanti menambahkan, layanan Paten Online ini harus terus dievaluasi dan dilakukan perbaikan apabila ada kekurangan. Karena untuk mewujudkan sistem pelayanan publik yang mudah, cepat, dan akuntabel.

Oleh karena itu, ia mengajak seluruh stakeholders untuk memberikan sumbangsih saran dalam mewujudkan sistem pelayanan tersebut.

“Saya mengajak semua pihak, mulai dari para ASN di kecamatan, masyarakat, unsur TNI/Polri dan stakeholder lainnya agar dapat memberikan saran edukatif maupun masukan yang konstruktif. Itu demi mencapai hasil terbaik dalam rangka mewujudkan pelayanan optimal bagi masyarakat serta mendorong Kabupaten Bogor menjadi kabupaten termaju di Indonesia,” papar Bupati Bogor tersebut.

Sementara Camat Megamendung, Hadijana menjelaskan, Paten Online merupakan sebuah aplikasi pengolahan dokumen yang dapat membantu masyarakat untuk membuat dokumen pribadi hingga perijinan dan dapat diakses melalui website atau smartphone berbasis android. Sehingga warga tidak lagi harus datang ke kantor kecamatan untuk mengurus dokumen-dokumen tersebut.

“Tujuannya bagaimana kita memberikan kemudahan, memberikan percepatan bagi ¬†masyarakat Kecamatan Megamendung dalam mendapatkan akses pelayanan perijinan dan non perijinan. Kita lakukan juga pelayanan penjemputan dan pengantaran dokumen ke rumah-rumah warga. Selain itu melalui aplikasi ini, Kecamatan Megamendung juga turut membantu mewujudkan salah satu misi Kabupaten Bogor, yaitu meningkatkan kinerja penyelenggaraan pemerintahan dan kerjasama antar daerah,” tukasnya. (ris)