Korban Kebakaran di Desa Tangkil Dapat Bantuan dari CSC RAPI

Bogorzone.com, Caringin – Musibah kebakaran yang menimpa rumah milik Ugan (55), warga Kampung Bepak RT 06/01 Desa Tangkil, Kecamatan Caringin, Kabupaten Bogor, Jumat lalu (11/8/2017) pukul 12.30 Wib. Akibat kebakaran ini, satu orang meninggal dunia dan satu orang balita mengalami luka parah serta menghanguskan seisi rumah.

Informasi yang dihimpun, kejadian berawal saat anak korban sedang melakukan kegiatan literan bensin eceran yang jaraknya tidak jauh dengan tungku di mana Ibu Icah (40) sedang memasak. Api langsung menyambar bensin dan membakar Ibu Icah serta rumah korban. Kobaran api juga menyambar seorang balita anaknya ibu Icah, Rifki (2,5) yang ketika kejadian sedang berada di tengah rumah. 

Kedua korban langsung dibawa ke rumah sakit. Namun setelah mendapat perawatan, Ibu Icah yang tak lain istri Ugan tidak bisa diselamatkan dan meninggal dunia. Sementara Rifki mengalami luka bakar cukup serius pada bagian wajah kanan, badan dan kakinya. Karena alasan biaya, korban Rifki kini hanya bisa dirawat jalan.

Mendengar musibah ini, Lilis Kusmiati (45) salah seorang anggota RAPI TRIPLE-C (JZ10FEV) yang juga salah seorang volunter CSC (Caring & Sharing Community) mendatangi lokasi kejadian untuk melihat kondisi sebenarnya. 

“Begitu saya tahu, saya bersama suami langsung ke lokasi. Rumahnya hangus tak tersisa dan kondisi kesehatan balita Rifki sangat memperihatinkan. Saya langsung posting infonya di Group WA CSC dan alhamdulillah langsung mendapat tanggapan positif dari Sahabat CSC,” ungkap Lilis.

Berdasarkan info awal tersebut, Kang Irfan salah satu relawan CSC lantas melakukan asessment kebutuhan korban. “Rehabilitasi rumah dan pengobatan balita Rifki yang piatu adalah menjadi prioritas utama,” kata Irfan.

Pada Sabtu (9/9/2017), lebih dari 50 orang CSC RAPI bersama Kepala Kepolisian Sektor (Kapolsek) Caringin AKP Fitra Zuanda dan perwakilan tokoh masyarakat Caringin Rizki Yasin, lantas mendatangi lokasi kejadian dengan membawa material yang dibutuhkan. Dengan dibantu tukang, mereka langsung melakukan penggantian atap rumah dan kayu-kayu penyangga yang hangus terbakar.

“Dana bantuan rehab rumah korban ini berasal dari sumbangan sosial sahabat CSC yang notabene anggota RAPI, yang secara sukarela mengamanahkan donasi melalui CSC untuk disampaikan kepada korban,” kata Kang Irfan yang memiliki call sign JZ10FAN. 

Sementara itu, Ugan dan keluarganya hanya bisa pasrah dengan kejadian itu dan berterimakasih atas kepedulian CSC. “Saya benar-benar tidak menyangka akan mendapatkan bantuan seperti ini. Saya udah pasrah. Istri saya meninggal, anak saya luka bakar, rumah hangus, saya bahkan sejak kejadian sudah tidak mau lagi melihat rumah itu karena trauma. Tapi hari ini saya kaget, bahagia dan sedih, ternyata masih ada orang-orang yang peduli dengan musibah yang menimpa kami rakyat kecil biasa,” ungkap Ugan yang terbata-bata dan tak mampu menahan air matanya.

Kapolsek Caringin, AKP Fitra Zuanda juga mengapresiasi dan berterima kasih kepada rekan-rekan CSC RAPI yang secara sukarela telah membantu warga korban kebakaran di Desa Tangkil ini. “Ini adalah sebuah kegiatan yang patut kita dukung bersama, dan kami jajaran Polsek Caringin siap membantu dan bekerjasama kapan saja,” katanya. Dirinya juga ikut menyerahkan dana sebesar Rp 2 juta kepada Ugan untuk biaya pengobatan balita Rifki.

“Saya sangat senang sekali bisa ikut bergabung dengan CSC dalam kegiatan sosial ini. Saya baru tahu kalo RAPI itu tidak hanya aktif di bidang komunikasi, tapi di bidang sosial juga, saya mau ikut daftar RAPI,” begitu tanggapan pasangan Dewi (50) dan Yasin (52) seorang pengusaha eksportir pohon dan batu mulia yang turut hadir dalam kegiatan rehab rumah dan membantu obat-obatan. (asp)