Tudingan LPj RTLH Fiktif 2014 Dibantah Kades Iyang

Bogorzone.com, Caringin – Rumor dan tudingan terkait Laporan Pertanggungjawaban (LPj) fiktif dana bantuan Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) tahun 2014, terhadap Kepala Desa (Kades) Lemah Duhur, Ujang Najmudin atau Iyang oleh sejumlah pihak yang tak bertanggung jawab, langsung dibantah keras kades.

Iyang mencoba meluruskan, bahwa pada tahun 2014 pihak Pemerintah Desa (Pemdes) sudah menyalurkan dana RTLH Rp.4 juta dari total Rp.10 juta kepada Jili (65), warga Kampung Cimande Girang RT 02/04 dalam bentuk barang.

“Total Rp.10 juta sudah dititipkan ke matrial. Yang diberikan memang baru Rp.4 juta kepada warga penerima atas nama Jili karena kuatir tidak dibangunkan untuk perbaikan rumahnya,” ujarnya.

Benar saja, lanjut Iyang, dana Rp.4 juta tersebut ternyata tidak dipergunakan Jili untuk memperbaiki rumahnya.

“Malah material bahan bangunan dijual dan diberikan kepada anaknya. Kami sudah memperingatkan yang bersangkutan namun tetap tak memperbaiki rumahnya. Makanya sisa Rp6 juta kami tahan karena kuatir disalahgunakan,” ungkapnya.

Lantaran pihak desa harus segera membuat LPj, maka Pemdes memberikan sisa Rp.6 juta kepada Jili.

“Bahkan kami sudah bermusyawarah dengan Jili pada Selasa 11 Juli 2017 malam agar segera menggunakan bantuan untuk memperbaiki rumahnya. Jili sudah menyatakan siap. Namun keesokan harinya malah lapor ke polisi. Kami yakin ini ada pihak-pihak yang mengompori,” tegasnya didampingi Sekretaris Desa Lemah Duhur, Yakub.

Menyikapi hal itu, Iyang menyatakan, pihaknya siap memberikan keterangan dan membeberkan bukti-bukti.

“Semua saksi dan bukti serta administrasi kami ada. Dari bukti penyerahan dana ke matrial dan sebagainya. Jadi tidak benar kalau ada pihak-pihak yang menuding LPj fiktif dan sejenisnya,” tukasnya. (ded)