Diskominfo Lakukan Penguatan dan Pemberdayaan KIM Caringin

Bogorzone.com, Caringin – Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Bogor, melaksanakan penguatan dan pemberdayaan Kelompok Informasi Masyarakat (KIM).

Kepala Bidang (Kabid) Layanan Komunikasi dan Informasi, Betty Sugiarti mengatakan, kegiatan ini sangat penting dilakukan untuk lebih menguatkan KIM yang ada di wilayah Caringin. Terlebih, di Kecamatan Caringin paling banyak terbentuk KIM.

“Dari jumlah sekitar 152 KIM di 40 kecamatan, di Kecamatan Ciawi terdapat 62 KIM, salah satunya KIM Jagapati Volunteer,” ujarnya kepada Bogorzone.com. usai kegiatan di aula kantor Kecamatan Caringin, Rabu (19/7/2017).

Betty menjelaskan, KIM sendiri dibentuk oleh masyarakat, dari masyarakat dan untuk masyarakat secara mandiri, kreatif yang aktivitasnya melakukan kegiatan pengelolaan informasi dan pemberdayaan masyarakat dalam rangka meningkatkan nilai tambah.

“Sesuai dengan PerMen Kominfo RI Nomor 08/PER/M.KOMINFO/6/2010,” paparnya.

Sementara, Ketua Umum KIM Jagapati Volunteer Kecamatan Caringin, Andriansyah mengungkapkan, setelah dibentuk KIM Jagapati Volunteer sudah banyak kegiatan yang sifatnya memberikan informasi kepada masyarakat, salah satunya dengan membuat media informasi baik berupa buletin maupun website online.

“Media yang kami buat bernama Caringin Sinergi,” ungkapnya.

Selain itu, sambung Andriansyah, pemberdayaan perekonomian masyarakat pun sudah dilakukan dengan mengandeng tiga unsur, mulai pemerintahan, swasta dan masyarakat.

“Ketiga unsur itu yang tentunya bisa meningkatkan perekonomian wilayah, kami juga sedang menggali potensi yang ada di masing-masing wilayah di Kecamatan Caringin,” imbuhnya.

Adapun potensi dibidang pendidikan yang telah dilaksanakan KIM Jagapati Volunteer, yakni, adanya perpustakaan, pembuatan dan web desain.

“Kalau untuk peningkatan ekonomi, kami sudah ada perusahaan katering dan percetakan,” tukas Andriansyah. (ded)