Connect with us

KOTA BOGOR

Dari Menteri Hingga Pengamat, Apresiasi Klinik 24 Jam di TNGGP

Published

on

Bogorzone.com, Jakarta – Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (TNGGP) menyadari pentingnya berkontribusi kepada masyarakat sekitar area operasinya di Kabupaten Cianjur dan Bogor. Terutama dalam hal pelayanan kesehatan, karena hal itu adalah elemen penting dalam menunjang pembangunan. Salah satu wujud kontribusi nyata kepada masyarakat, seiring berkembangnya wisatawan dan para pendaki ahirnya pihak TNGGP mendirikan klinik Edelwais 24 Jam.

Pengamat Kebijakan Publik Universitas Lampung (Unila), Dedy Hermawan mengatakan, pengoperasikan unit fasilitas kesehatan Klinik 24 jam dinilainya akan meningkatkan taraf kesehatan masyarakat yang selama ini jauh dari jangkauan dan Klinik 24 ini juga diharapkan dapat membantu meningkatkan kemampuan berbagai Puskesmas di daerah pedesaan dalam menyediakan layanan kesehatan dasar yang berkualitas bagi masyarakat sekitar.

“Jadi apa yang digagas oleh, Plt Kepala Balai TNGGP dalam melakukan pelayanan publik dengan mendirikan Klinik, harus di apresiasi karena sangat membantu masyarakat sekitar juga para wisatawan dan pendaki. Apalagi klinik itu juga bukanlah untuk menggantikan pelayanan Puskesmas, namun di arahkan untuk meningkatkan kualitas pelayanan setempat dari sisi peralatan medis, obat-obatan, dan tenaga ahli,” ungkapnya kepada Wartawan di Jakarta.

Selain itu dengan adanya klinik tersebut, diharapkan dapat mempertanggungjawabkan dari pada beroperasinya lembaga layanan kesehatan itu, karena secara prosudural sudah benar, bahkan diapresiasi oleh Menteri Kehutanan dan Lingkungan Hidup, agar masyarakat di kawasan itu tetap terjaga dengan baik.

“Oleh karenanya pemerintah melalui SKPD dibawahnya, selalu pro aktif untuk melakukan edukasi dengan mengimbau dan mengingatkan pentingnya kesehatan dan itu terbukti dengan berdirinya sebuah layanan/klinik kesehatan,” ungkapnya.

Sementara itu, Pengamat masalah kesehatan, Marius Widjajarta, menilai keberadaan layanan kesehatan klinik 24 jam yang ada di TNGGP adalah buah dari kebijakan pemerintah lewat Kementrian Kehutanan yang lebih memprioritaskan jaminan kesehatan masyarakat.

“Layanan kesehatan yang murah serta bertanggung jawab amat diinginkan masyarakat. Apalagi ini Gratis, bila ini sudah dapat disediakan pemerintah, maka praktik pelayanan kesehatan ilegal bakal tutup dengan sendirinya,” jelas Marius.

Secara umum Klinik 24 Jam di TNGGP ini melayani pemeriksaan kesehatan, pengobatan umum dan spesialistik, vaksinasi/imunisasi, pelayanan kesehatan ibu dan anak hingga penyuluhan kesehatan. Klinik ini juga memberikan pelayanan rujukan terbatas dari Puskesmas, pemeriksaan laboratorium penunjang, serta membantu pengiriman logistic medis seperti obat dan vaksin kepada para pendaki dan wisatawan.

Sebelumnya, Kepala Balai Taman Nasional Gunung Gede Pangrango, Adison mengatakan pelayanan pengobatan kepada masyarakat adalah salah satu empati kita dalam hal mensejahterakan masyarakat untuk berobat gratis di tempatnya.

“ini wujud kepedulian TNGGP terhadap masyarakat sekitar, makanya kami melauncing klinik 24 jam di balai, agar masyarakat bisa menggunakan fasikitas kesehatan ini tanpa dipungut biaya,” ungkap Adison dalam keterangan tertulisnya kepada wartwan.

Hal itu juga, kata Adison, bukan hanya baru kali ini saja lahirnya kepedulian terhadap masyarakat. Karena sejak berdirinya Balai Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (BTNGGP), pihaknya selslu peduli denfan apa yang dialami masyarakat sekirar. Terutama untuk para pengunjung sebagai wisatawan dan para pendaki.

“Jadi tidak benar kalo kami menutup mata terhadap kepedulian masyarakat di sekitar taman nasional gunung gede pangrango, dimana selama kurun beberapa bulan terakhir ini TNGGP selalu terdepan membantu kehidupan masyarakat secara sosial. Makanya sengaja kami bangun klinik berkonsep asri divdalam balai, agar terkesan seperti di rumah. Ya, untuk kenyamanan yang datang ke sini. Jadi lebih homey gitu,” tuturnya.

Klinik Kesehatan Edelwis 24 Jam ini, menurutnya, menerapkan pelayanan dengan nilai-nilai kemanusiaan. Berbasis manajemn qalbu dan berdasarkan pada kepentingan, masyarakat, wisatawan dan para pendaki gunung.

Menurutnya, Klinik Kesehatan Edelwis 24 Jam, merupakan klinik yang melayani kesehatan dasar, termasuk pelayanan kesehatan gigi. Ada beberapa dokter yang siap melayani. “Setiap Senin sampai Jumat, kita buka jam sembilan pagi dan tutup jam lima. Kalau Sabtu, kita buka sampai jam 12. Hari Ahad kita libur,” paparnya.

Selain layanan kesehatan, Klinik Kesehatan Edelwis 24 Jam, juga membuka layanan pendampingan kesehatannya langsung dilakukan oleh dokter dan harapan ke depan, klinik ini dapat membantu masyarakat selama 24 jam penuh.

“Karena kami bercita-cita menjadi klinik yang mampu secara optimal membantu masyarakat dengan bsik. Sehingga dapat memberikan pelayanan lebih kepada masyarakat sekitar yang membutuhkan,” pungkasnya. (vin)


Media Zone menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus), dan pengiriman Press Release, melalui email : redaksizone@gmail.com, dan redaksi@zone.co.id, atau via wa/SMS : 0878-15557788.

Continue Reading

KOTA BOGOR

Tujuh Pabrik Danone Aqua Dapat Penghargaan dari Gubernur Jabar

Published

on

Gubernur Jawa Barat (Jabar), Achmad Heryawan menyerahkan penghargaan kepada tujuh Pabrik AQUA yang beroperasi di wilayah Jabar.

Bogorzone.com, Bandung – Gubernur Jawa Barat (Jabar), Achmad Heryawan menyerahkan penghargaan kepada tujuh Pabrik AQUA yang beroperasi di wilayah Jabar. Penghargaan yang diterima Danone-AQUA tersebut, atas konsistensi pihak perusahaan dalam menjalankan program-program tanggung jawab sosial dan lingkungan.

Penyerahan penghargaan juga, bersamaan dengan peresmian bersama proyek-proyek Corporate Sosial Responsibility (CSR) di Jabar yang telah dijalankan sepanjang tahun 2017, bertempat di Bandung pada 17 April 2018.

Adapun penghargaan yang diberikan Gubernur Jabar kepada perwakilan dari tujuh Pabrik AQUA yaitu, dari Bekasi, Citeureup, Ciherang, Mekarsari, Babakan Pari, Cianjur, dan Subang. Selain ketujuh penghargaan tersebut, Danone-AQUA juga menerima penghargaan khusus sebagai perusahaan yang secara konsisten melaksanakan program-program CSR secara berkesinambungan. Penghargaan khsusus tersebut diterima secara langsung oleh VP General Secretary Danone Indonesia, Vera Galuh Sugijanto.

Pada 2013, Pemerintah Provinsi Jawa Barat menerbitkan pedoman Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan Perusahaan serta program Kemitraan dan Bina Lingkungan di Jabar. Dengan adanya kebijakan tersebut, 132 perusahaan BUMD, BUMN, dan perusahaan swasta bergabung menjadi mitra CSR Jabar.

Perusahaan-perusahaan yang menjadi mitra tersebut semakin meningkatkan program CSR, mulai dari pemberian bantuan modal untuk usaha mikro, beasiswa pelatihan, edukasi, peningkatan mutu kesehatan, hingga kepedulian terhadap lingkungan. Hal tersebut bertujuan untuk membangun dan meningkatkan kesehatan, pendidikan, serta kesejahteraan masyarakat.

“Pemerintah Provinsi Jabar memberikan apresiasi kepada perusahaan yang telah berkontribusi dan berhasil menjalankan program kegiatan CSR-nya. Sejalan dengan program pemerintah daerah melalui Tim Fasilitas CSR Jabar. Kegiatan-kegiatan tersebut menjadi investasi sosial dari berbagai perusahaan. Saya mengharapkan kita dapat membangun Jabar bersama-sama,” kata Gubernur Jabar, Achmad Heryawan dalam siaran pers nya.

Salah satu perusahaan yang memperoleh penghargaan tersebut adalah pabrik-pabrik Danone-AQUA yang beroperasi di Jabar. Dalam perjalanan 45 tahun, Danone-AQUA tidak hanya memenuhi kebutuhan hidrasi masyarakat, tetapi juga berkontribusi pada kondisi sosial dan lingkungan di wilayah tersebut.

Jabar memiliki arti khusus bagi Danone-AQUA, karena kehadiran perusahaan ini di Indonesia adalah di Jabar, yaitu dengan didirikannya pabrik pertama di Bekasi pada 23 Februari 1973. Hingga saat ini ada tujuh pabrik AQUA Grup yang beroperasi di Jabar, yaitu di Bekasi, Citeureup, Ciherang, Mekarsari, Babakan Pari, Cianjur, dan Subang.

VP General Secretary Danone Indonesia, Vera Galuh Sugijanto menjelaskan, bahwa pabrik-Danone-AQUA di Jabar menjalankan kegiatan operasionalnya dengan konsep ramah lingkungan.

“Kami menjalankan operasional dengan mendepankan nilai-nilai hak asasi manusia, mempertahankan kualitas, dan menjaga kepatuhan kepada peraturan serta perundang-undangan yang berlaku. Berbagai inovasi produksi dilakukan untuk menekan lepasan karbon dan mengurangi emisi gas rumah kaca dengan melakukan penghematan air, energi, pemanfaatan energi terbarukan, hingga daur ulang limbah. Dari situlah dihasilkan produk air minum dalam kemasan yang sehat dan berkualitas yang bermanfaat untuk seluruh masyarakat Indonesia,” ujar Vera .

Pabrik Danone-AQUA di Jabar bukan hanya memperhatikan produksi, melainkan juga senantiasa berkomitmen terhadap pengelolaan distribusi produk secara bertanggung jawab dan juga pelestarian lingkungan sekitarnya. Ini sejalan dengan komitmen perusahaan untuk selalu menyelaraskan keberhasilan bisnis dan kemajuan sosial serta kelestarian lingkungan.

“Kami menjalankan operasional dengan mendepankan nilai-nilai hak asasi manusia, mempertahankan kualitas, dan menjaga kepatuhan kepada peraturan serta perundang-undangan yang berlaku. Berbagai inovasi produksi dilakukan untuk menekan lepasan karbon dan mengurangi emisi gas rumah kaca dengan melakukan penghematan air, energi, pemanfaatan energi terbarukan, hingga daur ulang limbah. Dari situlah dihasilkan produk air minum dalam kemasan yang sehat dan berkualitas yang bermanfaat untuk seluruh masyarakat Indonesia,” ujar Vera .

Pabrik Danone-AQUA di Jabar bukan hanya memperhatikan produksi, melainkan juga senantiasa berkomitmen terhadap pengelolaan distribusi produk secara bertanggung jawab dan juga pelestarian lingkungan sekitarnya. Ini sejalan dengan komitmen perusahaan untuk selalu menyelaraskan keberhasilan bisnis dan kemajuan sosial serta kelestarian lingkungan.

“Komitmen kami adalah melanjutkan dan memperbaiki kinerja agar keberadaan kami dapat memberikan kontribusi bagi masyarakat dan alam yang dalam hal ini sesuai dengan misi Danone One Planet One Health,” paparnya.

Pada acara ini juga ditampilkan pameran produk dari berbagai kelompok binaan Danone-AQUA di Jawa Barat. Selain itu, materi kampanye “Isi Piringku” juga ikut meramaikan pameran ini. Materi tersebut merupakan hasil kerjasama Fakultas Ekologi Manusia (FEMA) IPB dan Danone Indonesia untuk mendukung pembelajaran pangan dan gizi di tingkat PAUD 4 – 6 tahun. (ris) (ris)


Media Zone menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus), dan pengiriman Press Release, melalui email : redaksizone@gmail.com, dan redaksi@zone.co.id, atau via wa/SMS : 0878-15557788.

Continue Reading

KOTA BOGOR

02SN 2018 Diresmikan Plt Wali Kota Bogor

Published

on

Plt Wali Kota Bogor Usmar Hariman secara resmi membuka kegiatan Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) tingkat Kota Bogor.

Bogorzone.com, Bogor – Plt Wali Kota Bogor Usmar Hariman secara resmi membuka kegiatan Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) tingkat Kota Bogor, di GOR Pajajaran, Kamis (05/04/18). Event tahunan ini dalam rangka pencarian bibit atlet di lingkungan Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Bogor.

Sebanyak 792, 150 official dengan jumlah 942 peserta atlet dari siswa tingkat Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) ikut dalam kegiatan O2SN ini.

Plt Walikota Bogor Usmar Hariman mengatakan, melalui O2SN ini berfungsi untuk membentuk keseimbangan mental dan fisik siswa sehingga akan terbentuk siswa yang berkarakter, menjungjung sportifitas, dan juara. Lewat ajang perlombaan ini juga terjalin silaturahmi di antara semua siswa, guru dan kepala sekolah di masing-masing sekolah.

“Kami bangga melihat semangat peserta dan membuat kami jadi merasa optimistis 20 tahun ke depan ada generasi pengganti yang betul-betul memiliki jiwa yang kuat, sehat yang berani jadi diri sendiri dan menjauhi hal-hal negatif,” jelasnya.

Sementara Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Bogor, Fahrudin, menjelaskan, pada tahun ini cabang olahraga (cabor) yang dilombakan masih sama yakni terdiri dari 11 Cabor. Yakni atletik, renang, bulutangkis, pencak silat, karate, tenis meja, catur, bola voli, tenis lapang, sepakbola mini, dan sepak takraw khusus SD dan bola basket untuk SMP. “Seluruh cabor ini diikuti 942 peserta yang meliputi 792 atlet ditambah 150 official,” ujarnya.

Fahmi menegaskan, tidak ada perbedaan yang signifikan di O2SN tahun ini, kecuali dari segi pembinaan yang semakin difokuskan. Pembinaan tersebut sudah dilakukan sejak seleksi di tingkat kecamatan hingga terpilih di tingkat kota dan kembali diseleksi untuk menjadi perwakilan Kota Bogor di tingkat Jawa Barat. “Target prestasi di Jawa Barat kami ingin Kota Bogor masuk di lima besar,” imbuhnya.

Dirinya menambahkan, O2SN ini menjadi bagian dari proses pendidikan dalam mengembangkan bakat dan minat. Pasalnya, peserta mempunyai talenta di olahraga yang bisa dikembangkan di masa depan untuk menjadi atlet nasional. Menurutnya, banyak atlet-atlet nasional yang berprestasi lahir dari O2SN.

“Jadi lomba ini selain ingin membuat anak-anak menjadi sehat dengan olahraga, siswa juga yang juara bisa mengikuti jalur prestasi untuk masuk ke SMP, SMA pilihannya,” katanya. (dns)


Media Zone menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus), dan pengiriman Press Release, melalui email : redaksizone@gmail.com, dan redaksi@zone.co.id, atau via wa/SMS : 0878-15557788.

Continue Reading

KOTA BOGOR

Korban Kebakaran Bantar Kemang Dapat Bantuan dari Kominitas CSC

Published

on

Komunitas CSC ini memberikan bantuan darurat berupa 16 paket kebutuhan pokok, makanan ringan, termasuk pakaian layak pakai.

Bogorzone.com, Bogor – Insiden kebakaran yang menimpa 19 rumah yang dihuni 113 jiwa di Bantarkemang, Kelurahan Baranangsiang, Kota Bogor, pada Selasa (3/4/2018) subuh, terus mendapat perhatian dari berbagai pihak. Beraneka bantuan pun terus mengalir ke lokasi pengungsian korban di Pondok Pesantren Daarul Uluum.

Termasuk Komunitas Peduli & Berbagi Caring & Sharing Community (CSC) wilayah Jabodetabek. Komunitas yang mayoritas beranggotakan personel Rasio Antar Penduduk Indonesia (RAPI) ini pun tak ketinggalan memberikan bantuan kepada para korban yang kehilangan semua harta bendanya.

Komunitas CSC ini memberikan bantuan darurat berupa 16 paket kebutuhan pokok, makanan ringan, termasuk pakaian layak pakai. Bantuan diserahkan langsung kepada para korban dan secara simbolis diterima Lurah Baranangsiang Suburudin, Kamis (5/4/2018).

Pembina CSC, Irfan Fauzi Arief, mengharapkan melalui bantuan tersebut dapat meringankan beban para korban kebakaran. “Kami ini anggotanya lintas sektor, lintas profesi, dan lintas wilayah. Jadi kalau mendengar ada kejadian bencana alam seperti ini kami pasti bergerak. Mudah-mudahan bermanfaat dan meringankan beban para korban,” ungkapnya.

Irfan dalam kegiatan sosial tersebut didampingi pula oleh Ketua RAPI Bogor Timur Penny Setia Permas, Wakil Ketua CSC Nunung Nur Islam, Andika, Ma Doyong, Safrudin, Bunda Rara, dan Idan.

Sementara itu, Lurah Baranangsiang, Suburudin, menegaskan, saat ini Pemkot Bogor melalui Kelurahan Baranangsiang terus memvalidasi data para korban termasuk melakukan sosialisasi program-program penanganan bencana kepara para korban.

“Untuk lokasi kontrakan atau tempat relokasi sudah siap. Selain disewakan kontrakan, para korban juga bisa menempati rusunawa. Sekarang masih dalam proses pendataan administrasi dan menunggu kesepakatan,” katanya.

Suburudin menjelaskan, proses administrasi yang perlu ditempuh itu antara lain harus menyiapkan data dan rekening pemilik kontrakan untuk para korban, di mana bantuan dana dari Pemkot sesuai aturan diserahkan langsung kepada pemilik kontrakan. Selain itu, banyak data dan kartu identitas korban yang hilang seperti KTP, KK, ijazah, dan sejenisnya.

“Alhamdulillah kalau berbagai bentuk bantuan sudah dari mana-mana. Posko bencana, dapur umum sudah ada. Untuk anak-anak sekolah juga kemarin sudah diajak oleh Dinas Pendidikan untuk belanja berbagai macam kebutuhan sekolah, dari sepatu, seragam, buku, tas, dan lain-lain. Untuk jumlah kerugian masih terus dihitung,” jelasnya. (cep)


Media Zone menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus), dan pengiriman Press Release, melalui email : redaksizone@gmail.com, dan redaksi@zone.co.id, atau via wa/SMS : 0878-15557788.

Continue Reading
July 2017
M T W T F S S
« Jun   Aug »
 12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930
31  

Trending