Bangunan Ruko Belum Berizin, Kecamatan Ciawi dan UPT Lakukan Pembiaran

Bogorzone.com, Ciawi – Geliat pembangunan tempat komersil di sepanjang Jalan Raya Ciseupan-Cibedug, Kecamatan Ciawi, Kabupaten Bogor, semakin menjamur. Namun sangat disayangkan, bangunan-bangunan berbentuk ruko tersebut, masih banyak yang belum mengantongi perizinan.

Seperti halnya bangunan ruko sebanyak 10 unit di luas lahan sekitar 2200 meter persegi, di Desa Banjarsari, Kecamatan Ciawi, yang sampai saat ini belum mengantongi Izin Mendirikan Bangunan (IMB) dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor. Meski begitu, dari pihak kecamatan dan Unit Pelaksana Teknis (UPT) Tata Bangunan dan Pemukiman wilayah Ciawi, terkesan ada pembiaran.

Padahal, bangunan ruko milik warga luar Kabupaten Bogor itu, keberadaannya sudah berdiri dan tinggal di pasarkan pemilik.

Didin, pengawas para pekerja di lokasi ruko mengakui jika bangunan yang dikerjakannya itu belum memiliki IMB, karena masih dalam proses pengurusan di Pemkab Bogor.

“Kalau Izin Peruntukan Penggunaan Tanah (IPPT) sih sudah ada, tinggal nunggu IMB saja,” akunya kepada Bogorzone.com saat anggota Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kecamatan Ciawi mendatangi lokasi ruko, Kamis (13/7/2017).

Menurutnya, untuk pengurusan izin semua diserahkan ke pihak desa melalui sekretaris dan juga pengawas UPT Tata Bangunan dan Pemukiman wilayah Ciawi.

“Yang saya tahu, izinnya di urus sekretaris desa (Sekdes) Banjarsari dan pengawas UPT Ciawi,” papar Didin.

Warga Desa Kuta, Kecamatan Megamendung ini pun mengatakan, selama pembangunan ruko yang berada di atas lahan dua Kepemilikan ini, baik dari Satpol PP kecamatan maupun Kabupaten Bogor sering datang untuk berkoordinasi.

“Jadi Alhamdulillah, walaupun bangunan ruko ini belum memiliki IMB aman-aman saja,” tukasnya. (ded)