Mantan Kades dan BPD Setuju Pemekaran Bogor Selatan

Bogorzone.com, Caringin – Rencana pemekaran selatan Kabupaten Bogor, ternyata bukan kali ini saja di gaungkan tokoh masyarakat. Sebab, dari tahun 2003 silam, keinginan masyarakat wilayah selatan untuk pisah dengan kabupaten induk pernah digagas.

Mantan Kepala Desa (Kades) Ciderum, Kecamatan Caringin, Oting Suherman mengatakan, wacana pemekaran wilayah selatan Kabupaten Bogor bukan hal baru. Pada zaman kepemimpinannya di Desa Ciderum, masyarakat pernah menginginkan untuk pisah dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor.

“Sayangnya saat itu keinginan masyarakat tidak berlanjut. Karena, banyak kepentingan pribadi atau kelompok yang memanfaatkannya,” katanya kepada Bogorzone.com.

Menurutnya, secara geografis wilayah selatan yang meliputi tujuh kecamatan ini, sudah layak di mekarkan dan menjadi Kabupaten sendiri.

Apalagi, sambung Oting, masyarakat yang ada di wilayah selatan, memiliki sumber daya manusia yang tidak bisa diragukan lagi.

“Kalau ingin tahu, masyarakat selatan masuk kategori konseptor dalam pembangunan Pemkab Bogor. Sumber daya manusia nya mampu diadu dengan masyarakat wilayah lain,” paparnya yang juga sebagai tokoh masyarakat Ciderum.

Untuk itu, adanya pembentukan presidium pemekaran wilayah selatan ini, harus didorong seluruh lapisan masyarakat yang ada di tujuh wilayah, mulai Kecamatan Cisarua, Megamendung, Ciawi, Caringin, Cigombong, Cijeruk dan Tamansari.

“Mari kita sama-sama wujudkan pemekaran tersebut,” imbuh Oting.

Hal senada juga tegaskan Ketua Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Banjarwaru, Kecamatan Ciawi, Achil yang mendukung adanya pemekaran selatan Kabupaten Bogor.

“Bila udah terpisah, mungkin pelayanan pemerintah dengan masyarakat tidak akan jauh. Kalau sekarang kan masyarakat harus ke Cibinong mau mengurus apapun, habis waktu dan butuh transportasi besar,” tukasnya. (ded)