Dewan Desak Tindak Tegas Oknum Pungli Prona

Wakil Ketua DPRD Sesalkan Anggota Dewan Rusak Aset Negara | Bogor | Kota | Apa | Kabar | Kabupaten | Bogorzone

Bogorzone.com, Ciawi – Dugaan adanya pungutan liar (pungli) dalam Program Nasional Agraria (Prona) tahun 2016 yang dilakukan Pemdes Telukpinang, Kecamatan Ciawi, mendapat sorotan Wakil Ketua DPRD Kabupaten Bogor Iwan Setiawan.

Politisi Partai Gerindra ini sangat menyayangkan dan mendesak agar kasus dugaan pungli Prona itu harus segera diselesaikan dan pelakunya diberika sanksi tegas. “Dari tingkat kecamatan sampai dengan Inspektorat harus mengambil tindakan tegas terkait hal tersebut,” tandasnya.

Menurut Iwan Setiawan, tidak ada alasan bagi kecamatan dan Inspektorat untuk tidak melakukan tindakan bila memang terbukti benar adanya pungutan dalam program tersebut.

“Bila Prona ada yang menguangkan siapapun orangnya harus segera diusut sampai tuntas. Program ini bertujuan untuk membantu warga tidak mampu, bukan malah sebaliknya. Dan jika benar dipungut biaya, ini tidak bisa dibiarkan. Segera diusut tuntas baik dari tingkat kecamatan sampai Inspektorat harus segera mengambil tindakan kepada setiap Kepala Desa yang melakukan hal tersebut,” tegasnya.

Iwan juga mengharapkan agar Pemerintah Daerah dari tingkat desa sampai Bupati harus lebih proaktif mengawasi agar program ini berjalan dengan benar dan tepat sasaran.

“Program Prona adalah program rakyat miskin. Bukan untuk orang mampu. Walau program ini dari pusat, tetap saja baik anggaran dan pengawasan dilakukan Pemerintah Daerah.Jadi harus lebih peka dalam menyikapi setiap permasalahan yang ada,” beber wakil rakyat dari Dapil Selatan Kabupaten Bogor ini.

Terpisah, Camat Ciawi Bambang Setiawan yang dikonfirmasi melalui telepon selulernya enggan memberikan komentar. (nto)