Tepas Salapan Lawang Jadi Ikon Baru Kota Bogor

Kota,Apa,Kabar,Kabupaten,Wisata,Kuliner,Icon,Bogor,Bogorzone,Kebun,Raya,KRB,Underpass
Tepas Salapan Lawang di Kota Bogor.

Bogorzone.com, Bogor – Bila Anda tinggal dan mengunjungi Kota Bogor pastinya akan melihat sebuah bangunan baru semacam teras yang berada dekat Tugu Kujang di bilangan Jalan Pajajaran.

Bangunan sarat makna dengan sepuluh tiang berdiri kokoh diapit dua bangunan ‘rotunda’ dan sebuah prasasti, serta tertera logan “Di Nu Kiwari Ngancik Nu Bihari Seja Ayeuna Sampeureun Jaga” diberi nama Tepas Salapan Lawang Dasakreta (TSLD).

Proses pembangunan TSLD sebagai simbol pintu masuk Kota Bogor ini, menelan biaya sebesar Rp2,8 miliar yang bersumber dari dana alokasi khusus (DAK). Pembangunannya telah rampung dan diresmikan tepat hari ini, Rabu (7/12/2016).

Peresmian dilakukan oleh Wali Kota Bogor Bima Arya. Acara dihadiri pejabat di lingkup Pemkot Bogor. Hadiri pula pejabat tinggi TNI, Polri, dan anggota DPRD serta kalangan komunitas Kota Bogor.

Bima Arya mengatakan, adanya landmark baru Kota Bogor akan berdampak pada imateril atau spirituil. Penataaan Kota Pusaka di kawasan Kebun Raya Bogor (KRB) sekaligus menjadi daya tarik Kota Bogor.

“Tentu nunian hotel, pelaku UMKM dan lainnya akan terdongkrak dengan adanya icon ini. Kami akan terus mempercantik monumen lainnya,” ungkapnya kepada wartawan.

Ke depan untuk menunjang kepariwisataan, Bima juga berujar, pihaknya akan meluncurkan bus wisata pertama pada Januari 2017 mendatang, berbarengan dengan rerouting angkot di pusat Kota Bogor.

“Untuk nyaman transportasi akan dibenahi semuanya. Selain itu bulan Januari mendatang petugas Satpol PP, DLLAJ, dan DKP Kota Bogor akan ditambah untuk patroli khusus di area ini,” tambahnya.

Bima menandaskan pula, untuk pengawasan lokasi TSLD dipasang CCTV yang terkoneksi langsung dengan gadget miliknya dan Muspida Kota Bogor.

“Kalau sanksi pengrusakan itu semua sudah diatur di Perda yang berlaku di Kota Bogor,” tandas Bima. (ris)