Berburu Toge Goreng Pak Abung

Bogor,Kota,Apa,Kabar,Kabupaten,Bogorzone,Kebun,Raya,KRB,Underpass,Wisata,Kuliner
Berburu Toge Goreng Pak Abung.

Bogorzone.com, Cijeruk – Para pemburu kuliner yang budiman, pastinya sebagian besar pernah tahu atau mendengar jenis makanan yang satu ini. Ya, toge goreng. Atau dalam bahasa Sunda disebut geco (toge tauco).

Apalagi bagi warga Bogor. Toge goreng sudah dikenal luas sebagai kuliner khas yang menyehatkan dari Bogor.

Tetapi bagi yang tiba-tiba saja lapar dan ingin segera menyantap toge goreng, tentunya harus tahu pula di mana lokasi penjual toge goreng ini. Selama ini, orang tahunya pusat toge goreng hanya ada di Kota Bogor, di antaranya yang paling terkenal toge goreng Pak Gebro.

Kalau ingin menikmati toge goreng dengan rasa dan nuansa yang berbeda, bisa mencoba toge goreng racikan Pak Abung, di Jalan Raya Cihideung-Bantarkaret, Desa Palasari, Kecamatan Cijeruk, Kabupaten Bogor.

Lokasi Toge Goreng Pak Abung dapat dijangkau dari tiga arah. Dari arah jalan tol Jagorawi bisa melintasi Ciawi-Pasar Caringin-Maseng-Cijeruk. Dari jalan tol Jagorawi bisa pula keluar di Baranangsiang-Pajajaran-Sukasari-Cipaku-Pamoyanan-Cijeruk. Atau, dari arah Sukabumi bisa melintasi Cicurug-Stasiun Cigombong-Cijeruk.

Bahan dasar toge goreng Pak Abung tentu sama dengan toge goreng kebanyakan. Yaitu terdiri dari toge yang sudah direbus, tahu, lontong, mi kuning, diguyur bumbu tauco, dan kecap. Bagi yang suka pedas, bisa ditambah sambal cabai ijo. Lebih mantap lagi disantap dengan kerupuk dan telur asin. Maknyoossss!!!

Selain rasanya yang mampu menggoyang lidah, ada nilai plus lain saat menikmati toge goreng Pak Abung. Suasana lebih tenang jauh dari bising kendaraan dan kemacetan, ditambah semilir angin dari Gunung Salak.

Pengunjung bisa juga sambil rebahan di teras bilik bambu terutama bagi para pengemudi mobil dan pengendara motor yang ingin sekalian istirahat. Di warung toge goreng Pak Abung, Anda juga bisa menikmati berbagai jenis minuman dari teh hangat, es kelapa muda, atau menikmati berbagai jenis kuliner lainnya seperti soto Bogor, tahu Sumedang, dan banyak lagi.

“Wah, pokoknya jagi ketagihan deh. Saya tahunya dari teman, katanya ada toge goreng Pak Abung di Cijeruk yang selalu ramai dikunjungi. Harganya murah tapi rasanya maknyos,” ungkap H. Dedi Junaidi, salah seorang pengunjung. (cep/dang/wan)