Connect with us

KABUPATEN BOGOR

Antam Buka Akses Jalan Gunung Dahu ke Leuwiliang

Published

on

Kota,Apa,Kabar,Kabupaten,Wisata,Kuliner,Icon,Bogor,Bogorzone,Kebun,Raya,KRB,Underpass

Bogorzone.com, Nanggung – Berpuluh-puluh tahun lamanya warga Kampung Gunung Dahu, Desa Bantar Karet, Kecamatan Nanggung, Kabupaten Bogor, hidup terisolasi. Kemajuan pembangunan di bumi Tegar Beriman dirasakan sangat lamban oleh mereka.

Kampung Gunung Dahu berada di punggung pegunungan Halimun-Salak. Tanahnya yang subur memberikan keuntungan bagi para petani penggarap dan hasil komoditas pertanian cukup berlimpah.

Namun disayangkan akses jalan menuju lokasi hanya jalan setapak yang cukup terjal di antara tebing tanah dan bibir ngarai. Jalan setapak hanya bisa dilalui kendaraan roda dua.

Akses infrastruktur jalan yang buruk membuat warga Gunung Dahu yang mayoritas bekerja di sektor pertanian begitu akrab dengan kemiskinan. Akibat transportasi yang tersumbat, warga Gunung Dahu yang terpencil sulit sejahtera.

Akses jalan di Kampung Gunung Dahu banyak yang masih rusak, berbatu-batu, dan sulit diakses dengan kendaraan roda empat.

Yang lebih ironis, Kampung Gunung Dahu bertetangga dengan Kampung Pabangbon di Kecamatan Leuwiliang yang memiliki akses jalan yang cukup bagus dan memadai.

Beruntung Kepala Desa Bantar Karet, H. Jaro Pepen Sopandi (49 tahun), memiliki inisiatif. Pihaknya lantas menggandeng PT. Antam (Persero) Tbk. UBPE Pongkor untuk mengatasi nasib warganya untuk segera membuka akses jalan.

Pengerjaan proyek jalan ini sendiri dimulai Kamis lalu (24/11/2016). Hingga Senin (28/11/2016), pelebaran jalan dengan menggunakan alat berat masih terus dilakukan. Akses jalan yang dibuka ini nantinya akan menghubungkan Kecamatan Nanggung dan Leuwiliang.

Program ini akan dilaksanakan dalam beberapa tahap. Tahap pertama akses yang dibangun sepanjang 1 kilometer dengan lebar 8 meter agar dapat dilewati kendaraan roda dua dan roda empat.

Warga Kampung Gunung Dahu juga sangat antusias menyambut pembukaan jalan ini. Anak-anak desa menonton proyek pembukaan jalan. Para petani bagkan ikut membantu berpartisipasi aktif dalam pembukaan akses jalan ini.

Selain itu, beberapa warga yang rumah/tanahnya berhalaman luas rela menghibahkan sebagian tanahnya untuk pengerjaan proyek pembuatan jalan tersebut.

Kepala Desa Bantar Karet, H. Jaro Pepen Sopandi (49), mengungkapkan bahwa musyawarah pembukaan akses jalan ini berlangsung relatif singkat tanpa perdebatan yang panjang. Ia sendiri turun langsung meninjau pengerjaan proyek pada Jumat (25/11/2016).

“Kami mengucapkan terima kasih kepada Antam Pongkor yang telah memberikan bantuannya untuk pembukaan akses jalan Gunung Dahu ke Leuwiliang. Proyek ini diharapkan akan terus memberikan manfaat kepada masyarakat Kampung Dahu pada khususnya, dan masyarakat luas pada umumnya,” ujarnya.

Jaro Pepeng menyatakan bahwa akses jalan ini sangat penting terutama untuk membangun jalur distribusi bagi komoditas pertanian sehingga diharapkan mampu meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat. Proyek ini kelak akan membantu para petani mengangkut hasil tani ke pasar. Pada gilirannya di kemudian hari, jalan ini akan mampu menunjang kemandirian aktivitas ekonomi, sosial, dan kemasyarakatan warga sekitar PT. Antam (Persero) Tbk. UBPE Pongkor.

Sementara itu, General Manager PT. Antam (Persero) Tbk. UBPE Pongkor, I Gede Gunawan, menegaskan bahwa program yang dilakukan ini sebagai wujud kepedulian perusahaan terhadap kondisi masyarakat disekitar wilayah operasi. Di mana hal ini tertuang dalam salah satu Misi Antam 2030 yaitu meningkatkan kompetensi dan kesejahteraan karyawan serta kemandirian masyarakat di sekitar wilayah operasi.

“Pertambangan emas Pongkor selama 22 tahun harus diimbangi dengan keberhasilan pembangunan masyarakat sehingga ke depannya masyarakat dapat lebih mandiri dan lebih sejahtera. Antam Pongkor tidak dapat berdiri sendiri dalam membangun daerah sekitar wilayah operasi, untuk itu diperlukan sinergitas yang baik antara stakeholder dalam membangun daerah,” ungkapnya. (cep)


Media Zone menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus), dan pengiriman Press Release, melalui email : redaksizone@gmail.com, dan redaksi@zone.co.id, atau via wa/SMS : 0878-15557788.

KABUPATEN BOGOR

Meriahkan HUT RI ke 73, UPT Pengairan Wilayah III Adakan Mancing Mania

Published

on

Bogorzone.com, Megamendung – Banyak cara yang dilakukan masyarakat maupun pegawai pemerintahan untuk memeriahkan dan sekaligus memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) RI ke 73. Seperti dilakukan para pegawai di Unit Pelaksana Teknis (UPT) Infrastruktur Pengairan Wilayah III yang memperingati hari kemerdekaan Bangsa Indonesia dengan cara mancing mania.

Kepala UPT Infrastruktur Pengairan Wilayah III, Eka Sukarna mengatakan, sebelum kegiatan mancing mania atau lomba mancing, pihaknya terlebih dulu melakukan tasyakuran dan memotong tumpeng bersama para pegawai.

“Ini memang sudah menjadi agenda rutin tahunan setiap kali memeriahkan HUT RI, kami mengadakan doa bersama dan dilanjutkan mancing mania,” ujarnya kepada wartawan saat kegiatan mancing di kolam ikan yang ada disekitar kantor UPT Infrastruktur Pengairan Wilayah III, di Desa Gadog, Kecamatan Megamendung, Kabupaten Bogor, Jum’at (17/8).

Menurutnya, untuk peserta mancing mania berjumlah 22 orang yang di ikuti semua pegawai UPT Infrastruktur Pengairan Wilayah III. Ikan yang ditabur di kolam seluas 4X10 meter, sebanyak 50 kilo ikan mas.

“Hadiahnya semua ikan yang ditabur di kolam, dibagi-bagi kepada para pegawai yang ikut kegiatan mancing,” papar Eka.

Selain memperingati HUT RI ke 73, lanjut Eka, kegiatan mancing mania ini sebagai wujud dari kebersamaan para pegawai maupun pimpinan.

“Kami berharap, melalui kegiatan sekarang menambah erat tali silaturahmi dan menjaga kebersamaan,” ungkapnya.

Pantauan di lokasi kolam ikan, para peserta sangat serius dan terlihat tegang saat mancing mania dimulai pada pukul 13.00 WIB.

“Saya sangat mengapresiasi terhadap pimpinan UPT Infrastruktur Pengairan Wilayah III, karena sangat respon dan mendukung kegiatan yang diinginkan para pegawainya,” tukas Dedi Junaedi, peserta mancing mania yang juga sebagai pengawas pengairan wilayah Ciawi. (ris)


Media Zone menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus), dan pengiriman Press Release, melalui email : redaksizone@gmail.com, dan redaksi@zone.co.id, atau via wa/SMS : 0878-15557788.

Continue Reading

KABUPATEN BOGOR

Ribuan Warga Pandansari Ikuti Jalan Sehat Bersama Balon Kades

Published

on

Ribuan warga Desa Pandansari, Kecamatan Ciawi, Kabupaten Bogor, ikuti jalan sehat yang diselenggarakan bakal calon (Balon) Kepala Desa (Kades) Pandansari, H. Nasrudin.

Bogorzone.com, Ciawi – Ribuan warga Desa Pandansari, Kecamatan Ciawi, Kabupaten Bogor, ikuti jalan sehat yang diselenggarakan bakal calon (Balon) Kepala Desa (Kades) Pandansari, H. Nasrudin. Bahkan pelepasan peserta jalan sehat, dilakukan oleh Wakil Bupati Bogor terpilih H. Iwan Setiawan dan dihadiri bakal calon legislatif (Caleg) dapil III Hj. Tuti Alawiah.

“Untuk menyongsong peringatan HUT RI ke 73, kami mengadakan jalan sehat mengelilingi Desa Pandansari sejauh kurang lebih 3 KM,” kata Nasrudin ketika ditemui disela-sela kegiatan di Kampung Cibalok, Desa Pandansari, Kecamatan Ciawi, Minggu (12/08/2018).

Dari catatan panitia penyelenggara, sebanyak 2135 masyarakat dari delapan RW di Desa Pandansari turut meramaikan acara tersebut.

Usai jalan sehat keliling desa, para peserta disuguhi hiburan musik dan pembagian puluhan door price seperti TV LED, Kulkas, Kompor Gas, Kipas Angin, Helm, Jam Dinding dan 8 Sepeda yang dibagikan kepada masing-masing RW.

Selain itu, lanjut Nasrudin, pihaknya juga melakukan kegiatan sosial bagi lingkungan setempat. “Setiap hari Minggu kami bersama warga secara gotong royong membersihkan saluran irigasi dan memberikan penerangan lampu jalan di terowongan. Hal itu kami lakukan agar warga tidak lagi takut akan begal,” ungkapnya.

Dengan memiliki 8700 pemilih, rencananya Desa Pandansari akan menggelar Pilkades pada 28 Oktober mendatang. Informasi yang diperoleh, terdapat 7 bakal calon Kades yang akan bertarung dalam kontestasi pesta demokrasi warga Desa Pandansari itu.

“Bersama Nasrudin, Desa Pandansari MANTAB (Maju, Aman, Nyaman, Tertib, Agamis, dan Berkah), cocok dengan kultur Pandansari,” tukasnya.

Dalam kesempatan tersebut, adik kandung Nasrudin, Hj. Tuti Alawiyah, yang rencananya akan mencalonkan diri sebagai anggota Legislatif Kabupaten Bogor, juga memohon do’a restu kepada ribuan warga Pandansari yang hadir. (ris)


Media Zone menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus), dan pengiriman Press Release, melalui email : redaksizone@gmail.com, dan redaksi@zone.co.id, atau via wa/SMS : 0878-15557788.

Continue Reading

KABUPATEN BOGOR

Petugas UPT Pengairan Wilayah 3 Ciawi Benahi Saluran di Telukpinang

Published

on

Para petugas dari Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pengairan wilayah 3 Ciawi saat melakukan pembersihan saluran dari sampah, mengeruk atau menggali lumpur dan mengerjakan penembokan lantai saluran di Telukpinang.

Bogorzone.com, Ciawi – Keberadaan saluran daerah irigasi (DI) Telukpinang, di Desa Telukpinang, Kecamatan Ciawi, Kabupaten Bogor, terus dibenahi. Para petugas dari Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pengairan wilayah 3 Ciawi, melakukan pembersihan saluran dari sampah, mengeruk atau menggali lumpur dan mengerjakan penembokan lantai saluran di Telukpinang.

Petugas UPT Pengairan wilayah 3 Ciawi, Dedi Junaedi mengatakan, kondisi saluran di Telukpinang masih harus dilakukan perbaikan. Sehingga saat musim hujan tiba, air dari saluran irigasi tersebut tidak meluap ke ruas Jalan Alternatif Banjarwaru-Telukpinang.

“Saat musim hujan biasanya air dari saluran irigasi ini selalu tumpah ke jalan, karena banyak sampah yang menghalang laju air. Makanya sekarang saat cuaca panas dan belum masuk musim hujan, kami lakukan perbaikan,” ujarnya kepada Bogorzone.com saat berada di lokasi saluran di Telukpinang, Senin (23/7/2018) siang.

Petugas pangairan, lanjutnya, terlebih dulu membersihkan semua sampah yang ada disepanjang saluran irigasi. Setelah saluran bersih dari sampah, petugas melanjutkan dengan menggali lumpur yang sudah dangkal.

“Kalau sudah bersih dari sampah dan lumpurnya dikeruk, baru kami melakukan penembokan lantai saluran,” papar Dedi.

Perbaikan saluran di Telukpinang ini, kata Dedi, sebenarnya sudah diprogramkan dari tahun lalu. Namun, karena cuaca saat itu musim hujan, penembokan lantai saluran urung dikerjakan.

“Alhamdulillah sekarang panas, jadi kami langsung bisa mengerjakan penembokan. Kalaupun sore nanti hujan, kondisi lantai saluran yang diplester sudah kering,” jelasnya.

Ia berharap, warga tidak lagi membuang sampah ke sekitar saluran irigasi yang melintasi tiga desa di Kecamatan Ciawi, terutama sampah-sampah rumah tangga yang bisa mengakibatkan tersendatnya aliran air.

“Sekarang jalan sudah bagus. Jadi warga jangan lagi membuang sampah ke saluran irigasi ini, biar kondisi jalan tidak cepat rusak akibat luapan air,” tegas Dedi. (ris)


Media Zone menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus), dan pengiriman Press Release, melalui email : redaksizone@gmail.com, dan redaksi@zone.co.id, atau via wa/SMS : 0878-15557788.

Continue Reading
November 2016
M T W T F S S
« Oct   Dec »
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
282930  

Trending